5 Tempat Mustajab di Mekkah dan Madinah

Salah satu IMPIAN terbesar kami adalah mendapatkan undangan dari Allah SWT, agar dapat mengunjungi tempat yang selalu dirindukan orang-orang yang beriman. Ya Allah kabulkanlah Doa-Doa Kami.

Kesempatan pergi haji tentu tidak disia-siakan bagi para jamaah calon haji, terutama untuk berdoa sebanyak-banyaknya di tanah suci. Selain berdoa untuk diri sendiri, biasanya para jamaah calon haji juga dititipi doa oleh keluarga, kerabat, dan rekan-rekan di tanah air. Kenapa? Karena berdoa di tempat-tempat tertentu di tanah suci diyakini akan dikabulkan oleh Allah. 

Berikut ini ada 5 tempat mustajab di Mekkah dan Madinah yang merupakan tempat favorit dan mustajab bagi para jamaah calon haji dan umroh untuk memanjatkan doa.

1. Di Multazam
Dari Ibnu Abbas r.a bahwa Rasulullah saw bersabda:
“Multazam adalah tempat dikabulkannya doa. Tidak ada satu pun doa seorang hamba di Multazam kecuali akan dikabulkan.” (HR. Ahmad dalam Musnad Imam Ahmad Jilid V, hal. 347).

2. Di bawah Pancuran/Talang Emas/Hijir Ismail
Diceritakan dalam kitab Fi Rihaabil Baitil Haram bahwa suatu hari Nabi Ismail menyampaikan keluhan kepada Allah SWT tentang panasnyakotaMekkah. Kemudian Allah swt menurunkan wahyu kepada Nabi Ismail AS, “Sekarang Aku buka Hijirmu salah satu pintu surga yang dari pintu itu keluar hawa dingin untuk kamu sampai hari kiamat nanti”.
Tempat yang terletak antara rukun Syamin dan rukun iraqi ini dipercaya menjadi salah satu tempat mustajab untuk berdoa. Di sinilah Nabi Ismail as pernah tinggal bersama ibunya, Siti Hajar, dan keduanya pun di makamkan di tempat ini. Hijir Ismail dipagari oleh tembok rendah yang disebut juga dengan al-Hatim berbentuk setengah lingkaran dan merupakan bagian dari Ka’bah.

3. Di Sofa dan Marwah
Diriwayatkan dari Jabir dari Abdullah bahwa Rasulullah saw pergi menuju Shafa hingga melihat Ka’bah, lalu mengucapkan kalimat tauhid, tahmid, dan takbir sebanyak tiga kali, kemudian berdoa sesuai dengan apa yang beliau kehendaki. (HR. An Nasa’i dalam Kitab Manasik al Hajj, Jilid V, hal. 241)

4. Di belakang Maqam Ibrahim
Dalam kitab Qadhaya al Mar’ah fi al Hajj wa al Umrah, Dr. ‘Ablah Muhammad al Kahlawi menuliskan bahwa “di antara keutamaan Maqam Ibrahim ialah dikabulkannya setiap doa yang dipanjatkan disana”.

5.  Di Raudah
Terdapat sebuah tempat yang merupakan bagian dari Masjidil Haram dengan julukan taman surga. Tempat ini disebut dengan ar Raudhah. Ar Raudhah adalah ruang di antara mimbar dan makam Rasulullah saw. Tentang keutamaan Raudhah tergambar dalam hadits berikut.
Rasulullah saw bersabda:
“Tempat antara rumahku dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga.” (HR. Muslim)
Merupakan sebuah kebahagiaan bagi para jamaah calon haji jika dapat berdoa di tempat-tempat tersebut dan menyebarkan kebahagiaan tersebut kepada sanak saudara di tanah air.
Dengan begitu, keluarga dan kerabat dapat menitipkan doa kepada Anda untuk dipanjatkan di tempat-tempat mustajab tersebut.

(ind/berbagai sumber)

Hormatku

+Muhammad Sabran  Ingin Ngobrol bersama saya Like Fans Page MS- Muhammad Sabran , Follow Twitter @MuhammadSabran. Telegram https://t.me/SabranTrainer
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar