Anak Takut ke Dokter? Ini Dia Tipsnya

REPUBLIKA.CO.ID -- Ada beberapa alasan mengapa banyak anak tidak suka berkunjung ke dokter. Salah satu alasan yang mungkin sering Anda dengar adalah si kecil tidak nyaman dengan orang yang tidak dikenal atau takut akan disuntik.

Lalu bagaimana agar anak merasa nyaman dan tenang saat bertemu dokter. Berikut tips-tipsnya seperti dikutip dari Parents Indonesia.

Temani Anak saat ke Dokter
Karena sibuk, biasanya orang tua memberikan tugas membawa anak ke dokter kepada nenek atau kakeknya. Menurut Ari Brown M.D, pakar anak dan pengarang serial buku 411, sebaiknya orang tua yang membawa anaknya ke dokter.
“Faktanya ketika si anak melihat kedua orang tuanya berkomunikasi langsung dengan dokter, anak itu akan berpikir bahwa si dokter adalah teman orang tua mereka dan si anak akan merasa nyaman,” ujar Ari Brown.


Bermain Dokter-dokteran
Berikan imajinasi yang menyenangkan kepada anak tentang dokter. Belilah peralatan dokter mainan dan jaket dokter. Kemudian bermainlah seolah-olah Anda seorang dokter dan anak Anda pasiennya. Peragakan bagaimana dokter memeriksa mulut, mendengarkan detak jantung, dan mengecek tekanan darah.
Hal ini akan membuat anak mengantisipasi apa yang terjadi jika ia pergi ke dokter sesunguhnya. Sempatkan juga untuk membacakannya buku yang mengilustrasikan tentang kedokteran.

Hilangkan Rasa Takut Si Anak
Menurut Profesor Ilmu Kesehatan Anak dari University of Washington, Donald Shifrin, M.D, sebaiknya orang tua hindari menggunakan kata “Jangan takut,” “Tidak sakit,” atau “Jangan menangis” kepada anak. Menurutnya kata-kata tersebut menunjukkan Anda tidak pantas menjadi orang tua menunjukkan rasa sayang.
“Berkata jujur kepada anak kalau pengalaman ke dokter memang tidak menyenangkan, tapi hal tersebut akan terlewati. Pastikan juga Anda selalu berada di samping anak pada saat pemeriksaan,” katanya.
Biasanya si anak takut pergi ke dokter karena takut disuntik. Jangan pernah menjanjikan kepada anak Anda, bahwa pergi ke dokter tidak akan disuntik. Tapi ingatkan mereka kalau pergi ke dokter tidak selalu harus disuntik.

Berikan Rasa Nyaman Kepada Anak
Berada di tempat terpisah pada saat pemeriksaan akan membuat anak curiga. Sebaiknya pada saat diperiksa Anda memangku anak tersebut.
“Si Anak akan percaya bahwa sesuatu yang buruk tidak akan terjadi saat ibu atau ayah mereka ada di sampingnya,” kata Dr. Brwon. “Anak akan merasa tidak nyaman saat ada orang asing yang menyentuh mereka,” tambahnya.
Berilah motivasi kepada anak dengan cara memberikan pilihan. Bilang “kuping mana yang mau lebih dulu diperiksa.” Atau si anak suruh memilih apakah mau diperiksa leher, mata atau perutnya terlebih dahulu.
Saat diperiksa biasanya anak akan meminta orang tua memegang tangannya karena ia akan merasa nyaman. Dengan pengalaman ini anak akan terbiasa berkunjung ke dokter ditemani orang tuanya.

Redaktur: Yudha Manggala P Putra
Sumber: Parents Indonesia
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar