Lintah Kehidupan

Oleh : Jamil Azzaini
Anda tahu lintah? Lintah adalah sejenis hewan yang bisa menyedot darah dari tubuh manusia. Nah, lintah kehidupan adalah aktivitas dan situasi yang menghabiskan waktu dan energi Anda yang akhirnya menyedot kehidupan keluar dari diri Anda. Sehingga, Anda kehilangan banyak waktu, energi, kesempatan dan hal-hal berharga dalam hidup.
Menurut Robert Pagliarini dalam bukunya “The Other 8 Hours”, televisi adalah rajanya lintah kehidupan. Tanpa sadar kita sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan kotak ajaib itu. Banyak orang menonton televisi tanpa tujuan yang jelas, mereka menyerahkan kendali hidup pada remote control.
Apakah menonton televisi tidak boleh? Tentu boleh, karena masih banyak acara-acara yang bermutu dan berkualitas ditayangkan disana. Tetapi punya jadwal rutin harian untuk menonton televisi bisa membuat kreativitas Anda mati.  Banyak riset membuktikan bahwa menonton televisi menyebabkan pikiran berada dalam kondisi koma.
Hal kedua yang bisa menjadi lintah kehidupan adalah perfeksionis. Orang-orang yang perfeksionis itu menyedot energi kehidupannya dan juga orang-orang di sekitarnya.  Orang-orang yang bekerja sama dengan orang yang perfeksionis selalu takut salah dan takut ada yang kurang sehingga mereka bekerja dalam tekanan dan ketakutan. Ketahuilah kehidupan ini berproses, jangan pernah takut salah. Tak ada manusia yang sempurna.
Lintah kehidupan yang ketiga adalah kesehatan yang tidak prima. Jadwal yang sudah Anda susun rapi bisa berantakan karena kesehatan Anda terganggu. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, saya menyarankan berolahragalah, konsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan miliki gaya hidup sehat.
Gosip juga merupakan lintah kehidupan yang harus kita hindari. Menggosipkan orang lain selain dilarang oleh agama juga bisa merusak reputasi kita. Gosip adalah salah satu ciri orang-orang yang tidak gentle, beraninya bicara di belakang dan itu menyakitkan bagi yang digosipkan. Jika ada orang yang mengajak Anda bergosip katakanlah, “Tidak semua yang kamu dengar itu benar.”
Jangan biarkan hidup Anda, energi Anda, waktu Anda disedot oleh lintah kehidupan yang  jelas-jelas sangat merugikan Anda.
Salam SuksesMulia!
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar