Mau Beli Mainan Anak-anak? Simak Tipsnya!

Mau Beli Mainan Anak-anak? Simak Tipsnya!

Beli mainan buat anak-anak adalah sesuatu yang gampang-gampang susah. Anda harus punya trik agar mainan yang anda beli tidak berbahaya serta baik untuk perkembangan anak anda. Berikut adalah tipsnya seperti dilansir dari Sheknows:

1. Sesuaikan Umur

Belilah mainan sesuai dengan umur. Fokus pada apa yang anak anda perlu kembangkan baik secara fisik maupun emosional. Misalnya, bayi membutuhkan mainan yang dapat membantu menstimulasi tangan/ koordinasi mata. Pilihlah mainan yang mudah dijangkau dan dipegang untuk anak usia bayi. Sementara untuk usia balita membutuhkan mainan yang bisa dipakai untuk mainan. Hal ini karena di usia itu, mereka butuh sesuatu yang dapat mengeksplorasi lingkungan.

2. Perhatikan keselamatan

Hindari mainan dengan potongan-potongan kecil yang bisa hilang atau tertelan. Mainan harus berbentuk kokoh. Mainan yang mudah patah bisa menjadi membahayakan bagi anak anda. Belilah mainan yang terbuat dari bahan yang aman.

3. Dorong Kreativitas

Carilah mainan yang bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas. Pilihlah mainan yang bersifat mekanis yang menghibur dan bisa mendorong kesempatan anak untuk berpartisipasi. Hindari mainan yang tidak mengajar atau mengembangkan keterampilan.

4. Hindari Mainan Imitasi

Jika anak anda memiliki minat dalam hobi, hindari membeli mainan imitasi yang murah. Misalnya, anak anda suka melukis, ada baiknya untuk membeli kuas dan cat air yang bermutu baik. Jangan membeli cat air dan kuas yang tumpul dan murah. Seringkali mutu mainan yang buruk dapat melemahkan bakat anak anda karena dapat membuat frustasi anak.

5. Belilah mainan berkualitas bukan kuantitas

Jika anak anda dibelikan mainan terlalu banyak dapat membuatnya kewalahan. Ini malah akan membuat anak tidak bisa berkonsentrasi pada satu mainan. Belilah yang kualitasnya baik agar awet.


Redaktur: Fernan Rahadi
Reporter: Umi Lailatul
Republika

Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar