Mengapa Ini terjadi ?

Tawuran, Tindak kekerasan, Korupsi Mengapa Ini terjadi ?

Sahabat tentu taukan
Tawuran antar pelajar dan mahasiswa serta korupsi seolah ,menjadi kata yang begitu sering kita dengarkan akhir-akhir ini. Pemimpin bangsa ini sudah seharusnya sesegera mungkin untuk melakukan antisipasi dan melakukan muhasabah. Agar pemasalahan ini tidak terus berulang bahkan berkelanjutan. Kalau saya ditanya Apakah ini buah dari sistem yang diterapkan dibangsa ini? Maka jawaban saya...iya (Kita bahas dilain kesempatan ya.......)

Tapi coba kita juga secara pribadi melakukan instropeksi diri bagaimana dengan diri kita sendiri,

Sahabatku yang saya cintai....saya melihat dan kadang juga mendengar dan membaca melaui media massa dan media sosial. Banyak orang yang awalnya hidup bahagia namun akhirnya menjadi orang yang sangat hina, karena perbuatannya sendiri, mengapa itu bisa terjadi ? Tentu shabatku juga sering mendengar kan!

Dan inilah pandanganku, ayo kita saling berbagi ilmu....
Menurut saya hal tersebut terjadi karena ada yang telah hilang. Mau tau? Yo kita lanjut......

1. Hilangnya rasa Malu.
Ya hilanganya rasa malu, salah satu menjadikan kita hina. Bukan hanya dimasyakat tapi juga dihadapan tuhan. Yang lebih parah lagi bukan hanya hilangnya rasa malu tapi sudah tidak tau lagi mana yang HARAM dan Mana yang HALAL.

Sebagai contoh : Sepasang muda mudi bahkan yang tuapu seolah tak mau ketinggalan, mengumbar kemesraannya ditempat umum bahkan ada yang sampai dipinggir jalan (lihat Fly Over Makassar) tanpa ada sedikitpun rasa malu. Bahkan kadang kita liat juga di Mall-Mall dan tempat-tempat wisata sudah menjadi fenomena yang seolah-olah masyarakat yang melihatnyapun menjadi hal yang biasa karena sudah seringnya melihat hal demikian.
Mereka bahkan tidak pernah memikirkan apa hasil dari prilaku bebas mereka tesebut, salah satu hasilnya adalah banyaknya kasus aborsi, bayi-bayi yang diterlantarkan oleh manusia-manusia biadab. Wanita-wanita yang hilang keperawananya dan lain-lain

Kita liat yang laun, Mahasiswa yang sok jago memperlihatkan senjata tajam miliknya kepada rekan-rekannya tanpa merasa malu itupun juga banyak terjadi saat ini. Dan dampaknya adalah ada pemicu sedikit saja bahkan kadang tidak jelas, terjadilah tawuran antar mahasiswa bahkan antar fakultas.

Hilangnya rasa malu ini juga banyak terjadi dikalangan pekerja bahka para pejabat, dengan bangga memperlihatkan hasil korupsinya kepada rekan sejawatnya. Tanpa pernah merasa malu sedikitpun, seolah hal tersebut merupakan suatu kewajaran atau bagian dari pekerjaan.

2. Hilangnya rasa Tanggungjawab dan Amanah.

Ketika pelajar dan mahasiswa saya tanya, Siapa disini yang tega menghianati amanah dari Orang Tuanya? Semua sepakat tidak mau menghianati orang tua mereka. Kebanyakan mereka akan berkata saya akan menjadi anak yang bertanggungjawab.

Namun sebagian dari mereka kadang lupa atau pura-pura lupa, khususnya yang datang dari luar Makassar bahwa sebenarnya mereka ke Makassa untuk belajar agar kelak menjadi orang yang sukses dan membanggakan orang tua. Bukan sebaliknya membuat orang tua malu.

3. Hilangnya rasa Kasih sayang.
Kurangnya rasa persaudaraan juga menjadikan kita hidup terhina, kadang kita hanya ingin sukses sendiri, bahkan Egois, sikut kiri sikut kanan demi mencapai tujuan.
Seolah-olah bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Secara individu Jangan biarkan Rasa malu, Bertanggungjawab dan Kasih Sayang ini hilang dari diri kita.

4. Dan akibat dari tidak diterapkan Aturan-Aturan yang bersummber dari Allah  SWT. 

    Semoga tulisan ini bermanfaat buat kita semua. Makassar, 12/10/12

Salam Hangat
Muhammad Sabran.
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar