Vatikan Gempar Lihat Vidio " Dalam 39 Tahun Prancis Akan Menjadi Republik Islam"

CYBER SABILI-VATIKAN: Seorang kardinal Katolik Roma telah menyebabkan kegemparan di Vatikan dengan pemutaran video YouTube yang berisi prediksi tentang pertumbuhan Islam di Eropa.

Klip tujuh menit, yang berjudul "Demografi Muslim," menjadi bahan hangat pembicaraan dalam pertemuan internasional para uskup Katolik pada Senin (15/10/12) di Vatikan, dua hari setelah Kardinal Peter Turkson membahasnya dalam sebuah diskusi bebas.

Turkson, seorang kardinal Ghana yang berbasis di Vatikan dan presiden Dewan Keadilan dan Perdamaian, memicu kekhawatiran di kalangan sesama uskup atas isi klip tersebut.

"Ketika kami tiba pagi ini saya ditanya beberapa kali,  "Siapa yang merencanakannya? Siapa dia? Siapa di belakang itu?," kata seorang Pastor Thomas Rosica kepada wartawan yang tidak diizinkan untuk menghadiri pertemuan para uskup.

Dia mengatakan klip itu telah memicu diskusi hangat selama konferensi tiga minggu ini, dan salah satu uskup mengatakan, ia akan membantah Turkson dengan menghadirkan sebuah laporan data sebaliknya.

Klip yang bercerita tentang Islam ini dibawa ke puncak agenda pertemuan yang dihadiri oleh 262 uskup di Vatikan.

"Islam adalah kata yang menjadi populer (dalam pertemuan ini)," kata Rosica.

Turkson tidak bisa dihubungi untuk mengomentari mengapa ia memilih untuk memutar video ini selama pertemua di Vatikan, yang membuat para uskup membahas cara mengembalikan umat katolik Roma yang telah murtad di negara-negara maju Eropa.

Klip, yang telah dilihat lebih dari 13 juta kali di YouTube sejak diunggah oleh seorang pengguna anonim pada tahun 2009, menggabungkan musik dramatis dan data statistik populasi muslim untuk membuat klaim tentang pertumbuhan Islam di berbagai negara Eropa seperti di Prancis yang diprediksi akan menjadi republik Islam.

"Hanya dalam 39 tahun Prancis akan menjadi republik, " kata vidio klip itu.

Dalam video, mengklaim bahwa wanita Perancis memiliki rata-rata 1,8 anak sementara wanita Muslim Perancis memiliki 8,1 anak.

Menurut sebuah studi oleh Pew Research, di dunia ini ada sekitar 2,18 miliar orang Kristen pada tahun 2010, setengah darinya adalah Katolik sedangkan jumlah umat Islam di dunia sekarang sekitar 1,6 miliar dan diperkirakan akan meningkat 35 persen menjadi 2,2 miliar pada 2030, menurut kelompok riset.

Hubungan Vatikan dengan Islam tidak selalu mulus. Pada tahun 2006 Paus Benediktus menyampaikan pidato di Regensburg yang dirasakan oleh sebagian umat Islam sebagai serangan terhadap Islam.

Ditanya tentang reaksinya terhadap kardinal yang menunjukkan video ini di Vatikan, Yahya Pallavicini, wakil presiden Masyarakat Islam Italia, memperingatkan akan adanya perang yang disebabkan taktik takut-menakuti dari pihak manapun.

"Saya berpikir bahwa kita harus fokus pada tantangan kita bersama antara Muslim dan Kristen, dari pada menantang satu sama lain dengan cara sikap saling takut-menakuti terhadap agama yang jumlah pengikutnya bertambah ataupun yang berkurang," kata Pallavicini Reuters. (reu/Gma news)

Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

1 komentar:

  1. sabili mantap....

    Jangankan prancis...

    Tidak lama lagi negeri-negeri Islam akan BERSATU

    Bahkan ada yang memprediksi tahun 2020...

    Benar atau tidak
    kita lihat saja

    BalasHapus