MERAIH SUKSES SEJATI

Jika kita mendengar kata SUKSES maka saya sangat yakin semua orang mengiginkannya, saya jadi ingat pesan dari Angrie Wongso “ Sukses adalah hak setiap orang, hak kita semua”. Apakah pembaca yang budiman ingin SUKSES ? ko diam aja, Jawab dong ! Apakah anda ingin SUKSES ? Mau, gitu dong Makasih, setiap kata-kata yang anda pikirkan dan ucapkan maka akan mempengaruhi hormon-hormon yang ada dalam tubuh anda, itulah pesan Mas Jamil Azzaini.

Kali ini saya ingin berbagi materi yang pernah saya dapatkan dari seorang Trainer yaitu Mas Karebet Widjajakusuma, Makasih ku ucapkan buat semua Trainer yang telah berbagi ilmu buat kami. Semoga Allah membalas segala kerja mereka, dan membalas energi postif yang mereka sebarkan.Amin
Sebagai lengkah awal  mari kita mendefinisikan dulu apa itu Sukses?

“ Sukses adalah suatu perjalanan yang menciptakan nilai tambah untuk diri sendiri dan masyarakat sekitar dalam rangka menuju kehidupan bahagia di Alam Setelah Dunia (Akhirat)”

Jadi sukses itu merupakan suatu perjalanan bukan tujuan. Lalu bagaimana kita mencapai keSUKSESan sejati, maka kita harus dapat menjawab 3 pertanyaan mendasar ini secara tuntas, pertanyaan apa itu :

1.      Dari mana kita berasal ?
2.      Untuk apa kita hidup ?
3.      Akan kemana setelah kita mati?

Islam telah memberikan kita jawaban yang luar biasa mencerdaskan dan menenangkan jiwa, singkatnya bahwa kita berasal dari Allah SWT, Allah menciptakan kita beserta perintah dan larangan yang mesti kita kerjakan. Hidup kita di dunia ini hanya untuk menyembah kepada Allah SWT bukan kepada yang lain. Dan setelah itu kita akan kembali kepada Allah SWT.

Jawaban terhadap 3 pertanyaan itu akan menjadi landasan kita untuk mendapatkan SUKSES sejati.
Kapan sih kita bisa dikatakan SUKSES, maka sederhananya adalah kita bisa dikatakan sukses ketika kita memiliki Keimanan yang kokoh  sekuat batu karang yang ada dilautan, bukan iman yang mudah goyah dengan hal-hal duniawi atau yang di haramkan Allah, memiliki Keluarga yang bahagia  semuanya harmonis dan membuat kita tenang dan bahagia saat berada di rumah, Memiliki Tubuh yang sehat sehingga kita dapat beribadah dan beraktivitas dengan baik,  memiliki Bisnis dan karir yang meningkat serta hubungan antarmanusia yang baik, Manajemen keuangan yang sukses, hidup yang dinikmati, serta memiliki perkembagan dan pertumbuhan pribadi dan yang paling penting adalah berporos pada jalan dakwah……

Coba pembaca yang budiman sekarang bayangkan 5 tahun kedepan setelah membaca tulisan ini. Bayangkan Pembaca berada pada posisi SUKSES, dan memiliki semua yang saya sebutkan diatas….Oh betapa indahnya hidup ini…..

Lalu pembaca yang budiman pasti bertanya ? dan mungkin sama dengan pertanyaanyan saya pikirkan? lalu mengapa banyak orang yang gagal ?

“ada satu hal yang mesti kita ingat gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan”

Ada beberapa hal yang membuat orang Tidak SUKSES atau GAGAL : Tidak ada tujuan yang jelas dalam hidupnya, tidak pernah mencatat tujuan, tidak bertanggung jawab atas tindakannya, banyak rencana tanpa tindakan, tidak yakin akan sukses, malas, salah berteman, manajemen waktu yang lemah, kurang pengembangan diri, Tidak ada komitmen untuk sukses, kurangya hubungan antar manusia, bodoh dan sombong. Semoga kita dapat meraih keSUKSESan.Amin….aminkan dong….Amin…Mantap

Kita pasti ingat atau banyak mendengarkan kisah-kisah kehudupan yang nyata tentang orang-orang yang SUKSES dan memiliki daya juang yang luar Biasa seperti Muhammad Al-Fatih, Salahuddin Al-Ayubi, Thariq Bin Ziad, dan kita mengenal Soichiro Honda, Thomas Alfa Edison, Walt  Disney , untuk kita di Indonesia kita liat salah satunya Bapak Sosrodjojo dan masih banyak lagi.

Kalau mereka semua bisa, mengapa kita tidak bisa ! kita pasti bisa ! ayo semangat……eh tunggu dulu semangat saja ngak cukup. Kita harus ingat beberapa prinsip sukses berikut ini :

-          Masa lalu tidak sama dengan masa depan
-          Tidak ada kegagalan hanya ada keberhasilan
-          Bertanggungjawab atas kehidupan
-          Semua yang terjadi adalah yang terbaik
-          Kalau saya mai pasti saya bisa
-          Tidak ada kesuksesan tanpa komitmen
-          Orang sukses tidak pernah putus asa
-          Tak ada yang abadi

Ya Allah jadikan kami semua orang-orang yang SUKSES. Amin….
Mas Karebet Widjajakusuma memberikan kita formula agar bisa meraih Sukses yaitu :

Sukses sejati (Ss) adalah Berfungsinya motivasi (mo), doa (d), usaha/ikhtiar (u/i) dan tawakkal (t) dalam hakikat hidup manusia yang sesungguhnya (hh).
Ss = (mo.d.u.i.t) hh
Sukses sejati (Ss) adalah
Perkalian antara Valensi (val) dengan to be (to be)
Ss = Val. tobe

Ternyata untuk menjadi SUKSES itu sangat mudah….yuk kita berlomba-lomba untuk menjadi orang-orang yang Sukses dan Mulia.

Lalu siapa yang bisa membantu kita untuk sukses ? Diri anda sendiri, Keluarga, Hubungan kemanusiaan, Lingkungan (Tempat tinggal, Kerja dan Negara) 

Terimakasih
Salam hangat
Muhammad Sabran (MS)
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar