Selamat Datang di DUNIA KAMPUS

Senang Rasanya ketika kita melihat atau dapat  informasi, bahwa kita diterima di Kampus tempat kita mendaftar. Setelah berjuang mencari informasi dan mengikuti berbagai test. Akhirnya perjuangan kita tidak sia-sia, karena LULUS di Kampus Idaman kita.

Kampus Hijau, tempatku dulu menimba Ilmu

Sahabat, Dunia Kampus itu Tempat MENEMPA DIRI.

Bagiku DUNIA KAMPUS itu Ibarat tambang EMAS, kita bisa mendapatkan EMAS yang melimpah kalau kita memanfaatkan kesempatan tersebut dan berjuang mencarinya. Atau kita malah memilih untuk fokus kuliah saja dan tidak mencari peluang EMAS itu, saya banyak melihat : tidak sedikit Mahasiswa yang keluar dari DUNIA KAMPUS, hanya membawa selembar Ijazah sebagai simbol bahwa telah serjana, dan tidak mendapatkan "EMAS" seperti yang saya bahasakan. Bahkan yang lebih tragis, tidak sedikit yang membawa kesana-kemari lembaran ijazahnya demi sebuah pekerjaan....

Padahal saat kuliahkan seharusnya kita mampu MENEMPA DIRI, sehingga saat berada di luar kampus kita telah siap menghadapi dunia nyata he...he...maksudku dunia kerja, bukan kita yang mencari pekerjaan. betul tidak sahabat?
Bahkan lebih baik lagi kalau kita yang menciptakan Lapangan pekerjaan buat orang lain. Kereeeeeennnnn

Saya tidak ingin, pembaca yang budiman berpikiran bahwa Kuliah itu tidak penting, kuliah itu penting bahkan sangat penting karena tujuan kita masuk kampus memang untuk Kuliah. Tapi pengembangan Soft Skill dan potensi yang kita miliki juga jangan terlupakan.

Soft Skills itu bagiku sangat penting karena saya sudah merasakannya. Bagaimana kita berinteraksi, memimpin orang lain, meyampaikan pendapat, dipimpin oleh orang lain, berjiwa besar dan masih banyak lagi. Dan itu bisanya banyak kita dapatkan di luar Ruang Kuliah.

Oleh karena itu, sahabatku cobalah untuk mencari "Emas" itu di "Organisasi". Jangan pernah takut untuk berorganisasi.

Oh ya sahabat, organisasi itu sangat bermanfaat khususnya buat saya pribadi. Diantara manfaat yang saya rasakan adalah :

1. Sangat banyak Ilmu yang saya dapatkan, apalagi Ilmu Agama. Karena saya bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) LDK (Lembaga Dakwah Kampus). Apalagi latar belakang pendidikan saya bukan sekolah agama (Pesantren) tapi dari STM (Jurusan Otomitif) dan Kuliah di Teknik Jurusan Mesin.


Saran saya ketika bergabung di Organisasi jangan setengah-setengah, serap ilmu sebanyak-banyaknya untuk bekal kita dimasa yang akan datang. Dan bagiku Ilmu yang saya dapatkan ini jauh lebih berhaga dari EMAS sekalipun.....SERIUSSSSSS

2. Memiliki banyak sahabat baik yang ada di Kampus maupun yang ada di luar kampus. Bahkan memiliki sahabat yang sudah seperti saudara sendiri dari sabang sampai merauke. Dari sinilah saya membangun jaringan dan kerjasama membuat kegiatan-kegiatan di daerahnya.

3. Saya  memiliki banyak kenalan di Birokrat Kampus, bahkan dengan mudahnya melakukan Komunikasi dan pertemuan.

4. Manfaat lain yang saya rasakan adalah memiliki Idealisme yang kuat untuk mempertahankan IDE yang saya pahami dan menyampaikannya ke Orang lain, Alhamdulillah dari situ saya banyak belajar tentang bagaimana Komunikasi yang efektif, faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi. Dan masih banyak lagi yang lainnya tentang komunikasi

5. Manfaat berorganisasi yang sangat terasa juga buatku, apalagi ketika saya berada di dunia kerja adalah bagaimana cara menerima masukan (kita harus berjiwa besar), bagaimana saya memimpin dan menerima amanah dari atasan. Semua Hal itu sudah kita rasakan saat berorganisasi, sehingga saat bekerja dengan sangat mudah beradaptasi.

6. Dan manfaat lain yang saya dapatkan dalam beroganisasi adalah saya mendapatkan pasangan hidup yang luar biasa he....he....EH Jangan jadikan alasan ini untuk aktif berorganisasi ya !!!


7. Berawal dari organisasi bakat sebagai pembicaraku muncul, padahal saya dulunya adalah orang yang sangat pemalu dan takut tampil didepan orang banyak. Alhamdulillah sekarang sering dipangil mengisi acara sebagai Trainer dan Motivator.

8. Alhamdulillah di dunia kerja juga tidak melamar tapi di ajak untuk bergabung menduduki posisi TRAINER.

Yuk gabung di Organisasi.

Hormatku
Muhammad Sabran 
Mantan Ketua UMUM UKM LDK-LDM UMI Periode 2006-2007
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar