7 Tips Mengatasi peserta “TERORIS”

Assalamualaikum.wr.wb
Apa kabar wahai calon dan pembicara hebat hari ini? Saya berdoa semoga kita semua lelalu dalam lindungan-Nya, dan tetap semangat dalam menebar semangat dan ispirasi melalui lisan-lisan kita. Amin

Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman dan ilmu yang pernah saya dapatkan dibeberapa kelas pelatihan. Simak ya….Semoga bermanfaat.

Hampir semua kelas Training Motivasi yang saya isi di beberapa tempat, dan pengalamanku sebagai Trainer di PT. Megahputra Sejahtera (Main Dealer Suzuki Roda Empat Sulawesi Selatan, Barat dan tenggara), saat saya  memberikan Materi Training selalu saja ada peserta yang “UNIK” menurutku, bahkan beberapa temanku sesama Trainer menyebutnya sebagai peserta “TERORIS”.

Kenapa disebut sebagai “Teroris” ? karena peserta ini akan melakukan serangan-serangan yang bisa saja mengganggu jalannya proses Training. Baik mengganggu konsentrasi kita sebagai pembicara/Trainer maupun mengganggu peserta lainnya.

Bentuk aktivitas para “Teroris” ini biasanya sangat beragam, diantaranya yang sering saya dapatkan adalah asik ngobrol bersama teman disampingnya, banyak bertanya (padahal dalam materi nanti akan di jelaskan), ada juga yang berusaha mengganggu konsentrasi temannya (mengajak bermain), tiadak mengikuti arahan dan petunjuk Trainer dan Lain-Lain. Ada yang pernah mengalami hal serupa …..Angkat tangan !

Walaupun jumlah “Teroris” ini tidak banyak, tapi kalau tidak segera diantisipasi dan diatasi, biasanya dapat menggangu jalannya Training hingga akhir acara. Betul ngak?

Lalu bagaimana cara kita mengantisipasi dan mengatasi para “Teroris” ini, berikut beberapa Tips yang saya lakukan :

1   1. Buatlah aturan main (Rules) yang jelas sebelum Training dilaksanakan, dan pastikan aturan main itu disepakati oleh semua peserta. Apalagi kalau Training yang dilaksanakan lebih dari 3 hari, aturan main ini sangat bermanfaat.

2   2. Buatlah kesepakatan sanksi jika ada peserta Training yang melanggar aturan main. Sanksinya juga harus jelas. Usahakan sanksinya dapat menghibur dan juga dapat dirasakan oleh peserta lainnya Spt Senam dan menyanyi.

3  3. Kalau kita merasa ada 2 peserta atau bahkan lebih, yang tempat duduknya bersamaan dan kita menduga dia adalah “teroris”. Maka lakukanlah Ice Breaker atau Games untuk memisahkan mereka. Lakukan seolah-olah ini bukan rekayasa untuk memisahkan mereka, tapi berjalan alami dan menyenangkan.

4  4. Kalua “Teroris”nya hanya sendiri cobalah untuk lebih dekat dengannya, atau berbicara disekitar tempat duduknya. Berikan perhatian lebih, karena biasanya mereka hanya butuh perhatian lebih.

5   5. Kalau ada yang suka bertanya, coba mintalah pendapatnya tentang materi yang akan kita jelaskan dan berikan apresiasi atau penghargaan setelah ia memberikan pandangannya.

6   6. Diamlah beberapa detik secara tiba-tiba, dan arahkan pandangan anda pada sumber suara. Itu adalah cara paling jitu untuk menghentikan para “Teroris” berhenti berbicara.

7    7.  Mintalah bantuannya saat kita butuh relawan atau game yang membutuhkan beberapa peserta.

Itulah beberapa Tips yang biasa saya lakukan untuk mengatasi peserta “Teroris”, semoga dapat bermanfaat buat kita semua.

Hormatku
+Muhammad Sabran  Ingin Ngobrol bersama saya Like Fans Page MS- Muhammad Sabran atau Follow Twitter @MuhammadSabran
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar