Menjadi Wiraniaga SUKSES

Siapasih yang tidak mau menjadi wiraniaga yang sukses.
Semua yang terjun kedunia Wiraniaga pasti ingin sukses, betul tidak?
Kali ini saya ingin berbagi ke sahabat-sahabatku, bagaimana kita bisa meraih sukses sebagai seorang wiraniaga. Saya ingin sharing ilmu yang pernah saya ajarkan ke teman-teman sales, Saat saya menjadi seorang Trainer For Trainee (TFT) di Suzuki Mobil dulu Semoga bermanfaat :

Salesperson yang professional haruslah mempunyai kemampuan yang tepat, menurut saya seorang salesperson harus memiliki minimal 3 Kompetensi (STANDAR PERSONAL) yaitu 1. Knowledge 2. Skill dan 3. Attitude

Kalau 3 Kompetensi ini sudah dimiliki, Maka KESUKSESAN ada ditangan anda !!!
Kita bahas satu-satu ya…

1. Knowledge/Pengetahuan akan kita dapatkan jika kita rajin mencari informasi, membaca buku/koran/majalah dll, ataukah lewat internet, bisa juga bertanya kepada yang lebih senior atau yang berpengalaman. Dan lebih bagus lagi jika kita rajin mengikuti training-training yang banyak dilaksanakan diluar kantor.

Coba kita bertanya pada diri kita masing-masing : Apakah kita sudah mempunyai knowledge yang sesuai dengan kebutuhan kita? Ataukah belum? Hanya diri kita masing-masing yang tau!

Lalu knowledge apa yang harus kita miliki untuk menjadi salesperson yang sukses ?
Minimal kita harus mengetehui :

-    Tentang pelanggan kita (Tentang tipologinya, ini bisa kita raba-raba saat melakukan pertemuan atau saat berbincang, mengetahui kebutuhannya kita harus tau ilmu Gali Motif, serta mengetahui kemampuan keuangannya bisa melalui pengamatan dan analisa)

-       Perusahaan dan Prosedur Penjualan
Salesperson harus mengetahui profile perusahaan tempatnya bekerja dan semua tata cara penjualan yang telah menjadi standar diperusahaan tersebut. Karena biasa saya dapatkan ada sales yang sok pintar, padahal prosedur diperusahaan tempatnya dulu beda dengan tempatnya sekarang walaupun sama-sama dibidang otomotif.

-       Pasar dan Saingan
Salesperson harus mengetahui kondisi pasar dan pesaing-pesaing produknya yang ada didaerah tempat mereka memasarkan produknya.

-       Produk termasuk spare part dan Aksesorisnya
Seorang salesperson jangan hanya mengetahui produknya tapi juga dituntut untuk menguasai sparepart secara umum dan aksesorisnya. Serta mampu menjelaskan aftersales (SERVICE) dengan baik.

Mungkin itu minimal knowledge yang perlu kita ketahui, memang cukup banyak. Tapi kalau kita memiliki kemauan untuk terus belajar dan mencari informasi, maka kita akan mampu menjadi tenaga penjual yang sukses.

2. Skill/Ketrampilan akan diperoleh jika banyak melakukan latihan atau praktek terus menerus, makanya seorang salesperson jangan anggap sepele setiap melakukan Role Play karena hal tersebut akan semakin mengasah kemapuan kita. Sebagai contoh sebagaimana saat kita latihan membawa mobil, makin lama kita membawa mobil maka kita pasti akan semakin jago…Betul tidak?

Adapun skill yang harus dimiliki seorang salesperson adalah :
-       Perencanaan
Setiap salesperson harus dapat membuat perencanaan, misalnya berapa prospek yang harus didapat setiap harinya, berapa yang harus di follow-up melalui telepon atau kunjungan, dan berapa mobil yang harus penyerahan.

-       Interpersonal
Seorang salesperson harus dapat melakukan hubungan yang baik dengan semua jajaran, apakah itu kolega atau semua karyawan di kantor.

-       Selling Skill
Seorang salesperson  harus dapat melakukan proses penjualan yang meliputi pendekatan/pengenalan, presentasi (Benefit talk, SPWA, dan Test Drive), mengatasi keberatan dan menutup penjualan.

Oleh karena itu teruslah mengasah skill anda, baik saat melakukan Role Play di kantor maupun saat melakukan pekerjaan (Biasakan melakukan evaluasi dari setiap aktivitas yang anda lakukan).

3. Attitude/Sikap

Kalau atitide ini, menurut saya lebih banyak dipengaruhi oleh pola pikir seseorang. Makanya menurut saya, secara pribadi yang paling sulit dirubah adalah attitude seseorang.

Adapun Attitude yang harus dimiliki oleh seorang salesperson adalah





         Mentalitas
-       Rasa percaya diri dan sikap pantang menyerah haruslah selalu ada
-       Menjadikan penolakan dari pelanggan, sebagai motivasi agar dapat lebih hebat lagi dalam melakukan penjualan
-       Bekerja dengan Keras dan Cerdas, mengetahui lebih banyak pelanggan (lewat referensi dan jaringan lainnya bahkan melalui internet)
-       Lebih proaktif dan Kominikatif
-       Orientasi kepada kepuasan pelanggan, memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat. 

Penampilan
Penampilan menjadi sangat penting bagi seorang salesperson, karena yang pertama kali dilihat oleh pelanggan adalah penampilan. Maka cobalah untuk selalu berpenampilan yang maksimal. Perhatikan !!!
-       Seragam yang anda gunakan harus selalu terlihat rapi (jangan sampai kusam)
-       Sepatu selalu mengkilat dan bersih
-       Rambut usahakan selalu rapi atau tidak gondrong
-       Dan yang terakhir perhatikan Bau badan he…he….

Prilaku
Prilaku disini adalah bagaimana sikap anda saat berbicara dengan pelanggan. Ada dua hal yang perlu kita perhatikan :

Body Language
Bahasa tubuh ini sangat memegang peranan penting sebagai penilaian awal  attitude seorang salesperson.

Gaya Berbicara dan Pemilihan Kata-Kata
Hati-hatilah dalam mengeluarkan kata-kata didepan pelanggan anda, karena pelanggan hanya mempercayai apa yang salesperson katakana. Sekali anda salah maka pelanggan anda akan hilang kepercayaan.

Itulah yang perlu dikuasai, jika ingin menjadi seorang wiraniaga yang sukses. Semoga bermanfaat.
Usahakan mulai saat ini, lakukan perubahan mulai dari hal-hal yang kecil untuk tujuan kesuksesan pribadi anda. YARUKI


Hormatku

+Muhammad Sabran  Ingin Ngobrol bersama saya Like Fans Page MS- Muhammad Sabran atau Follow Twitter @MuhammadSabran
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

2 komentar: