6 Hal yang perlu kita ketahui sebelum Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Assalamualaikum.wr.wb
Apa kabar adik-adikku pagi ini?
Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin

Beberapa waktu lalu saya membaca berita ada pertemuan Jambore Aliansi Mahasiswa Indonesia. Bagiku kegiatan seperti itu baik untuk diikuti. Apalagi jika dapat membuka dan menambah wawasan kita. Tapi saya masih sedikit ragu, apakah kegiatan ini betul-betu adalah hasil inisiatif dari Mahasiswa atau jangan-jangan ada yang memanfaatkan untuk kepentingan tertentu.
Oleh karena itu saya ingin berbagi kepada adik-adikku semua, sedikit Tips sebelum mengikuti suatu Kegiatan Non Formal, semoga bermanfaat ya...

Foto : Saat Konferensi Mahasiswa Islam Indonesi Sul-Sel dan Barat, ahad/31 Desember 2019
 
Sebagai mantan Ketua OSIS saat SMP dan menjadi Pengurus OSIS dan ROHIS saat di SMK, Serta menjadi Aktivis saat di Kampus dulu. Banyak kegiatan yang telah saya ikuti baik dalam bentuk Perlombaan, Seminar, Dialog, Simposium Nasional dan lain-lain. Baik datang sebagai peserta maupun sebagai pembicara atau undangan.
 
Ada beberapa hal yang ingin saya bagikan ke adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah atau sementara berada di kampus. Berikut Tips sebelum mengikuti kegiatan Ekstarakurikuler, yang perlu adik-adik lihat :

1. Waktu Pelaksanaan Acaranya
 
Terlebih dahulu lihatlah waktu dan tanggal pelaksanaan kegiatannya, Ikutilah kegiatan-kegiatan yang tidak mengganggu jadwal belajar atau kuliah adik-adik. Sehingga tidak membuat adik-adik ketinggalan mata pelajaran yang diajarkan oleh guru atau dosen. Biasanya waktu yang tepat kita luangkan untuk mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler adalah diakhir pekan atau dihari Sabtu dan Minggu. Khusus buat adik-adik perempuan usahakan mengikuti kegiatan, tidak sampai larut malam atau tidak nginap. Kecuali memang ada kegiatan khusus perempuan dan tidak campur baur.
 
2. Pastikan Organisasi Pelaksananya
 
Setelah kita melihat waktu dan tanggal pelaksanaan kegiatannya, maka selanjutnya yang penting adik-adik lihat adalah siapa pelaksana kegiatan tersebut (PANITIAnya). Apakah organisasinya memang sudah ada selama ini atau baru muncul dan tiba-tiba membuat kegiatan. Cari tau bagaimana tentang organisasi pelaksana kegiatan tersebut kepada beberapa anggota-anggotanya atau bisa tanyakan kepada kakak-kakak alumni yang kita kenal, dan lihat reputasi organisasinya selama ini. 
 
3. Lihat Pembicara atau Pematerinya
 
Selanjutnya yang penting untuk adik-adik perhatikan adalah pembicara-pembicara yang akan hadir, lihat satu-persatu Narasumbernya dan tema yang akan dibahas. Kalau dulu saya, bahkan lebih fokus melihat Narasumbernya. Kalau menurut saya Narasumbernya baik, saya pasti meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan tersebut.
4. Tempat Pelaksanaan Acara
 
Kenapa tempat pelaksanaan juga menjadi penting untuk kita ketahui, sebelum kita mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler. Karena ini berkaitan dengan izin kita kepada orang tua, karena biasanya kebanyakan orang tua, tidak setuju jika anaknya mengikuti kegiatan yang jauh-jauh. Tapi kalau memang tempatnya jauh, maka komunikasikan dengan baik kepada orang tua dan yakinkan bahwa adik-adikku bisa menjaga diri.
 
5. HTM atau Kontribusi Peserta
 
Ikutilah kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kemampuan, dan tidak memberatkan orang tua serta tidak menguras isi dompet. Ini penting apalagi buat adik-adik yang hidup jauh dari kedua orang tua (Anak Kost)
 
Ada tips yang dulu saya lakukan yaitu mengurangi uang jajan (Puasa) dan uang transport sebagian saya tabung (Jalan Kaki). Itu saya lakukan jika ingin mengikuti kegiatan yang membutuhkan dana besar. #SelamatMencoba
 
lihat juga apakah Kontribusi yang kita bayar, sebanding dengan fasilitas yang akan kita dapatkan. Maunya untung terus he...he...
6. Perhatikan Juga Sponsornya
 
Dari sini kita juga bisa menganalisa suatu kegiatan apakah kegiatan tersebut murni dari pelajar atau mahasiswa, ataukah ditunggangi oleh kelompok-kelompok tertentu.
 
Itulah yang dulu saya lakukan, sebelum mengikuti atau menghadiri suatu acara. Kenapa ini penting karena cara berpikir kita akan sangat dipengaruhi oleh informasi-informasi yang kita dapatkan pada suatu acara atau kegiatan. Oleh karena itu kita harus lebih selektif dalam mengikuti suatu acara atau kegiatan Ekstrakurikuler.

yang jelas carilah selalu kegiatan-kegiatan yang positif, untuk mengembanhkan bakat yang adik-adik miliki. Agar kelak bermanfaat untuk menjalani hidup diluar sekolah atau kampus.
Hormatku

+Muhammad Sabran  Ingin Ngobrol bersama saya Like Fans Page MS- Muhammad Sabran , Follow Twitter @MuhammadSabran. Telegram https://t.me/SabranTrainer
 
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar