6 Pertanyaan Imam Al-Ghazali kepada Muridnya

Suatu ketika Imam Al-Ghazali berkumpul bersama murid-muridnya dan bertanya 6 perkara:
"Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?" tanya Imam Al-Ghazali. Murid-muridnya menjawab berbeda-beda. Mereka menjawab “Orangtua,” “guru,” “teman” dan “kerabat.” Lalu, Sang Imam menjelaskan bahwa semua jawaban itu benar, tapi yang paling dekat dengan kita adalah "kematian."
 "Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?" tanya Imam Al-Ghazali.
Murid-muridnya menjawab: bulan, matahari, dan bintang-bintang. Beliau menjelaskan bahwa semua jawaban yang mereka berikan adalah benar. Tapi, jawaban yang paling benar adalah “Masa lalu.”
Kita tidak bisa kembali ke masa lalu dengan kendaraan apa pun. Maka, kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Ilahi.
"Apa yang paling besar di dunia ini?" tanya Imam Ghazali.
Murid-muridnya menjawab: gunung, bumi, lautan dan matahari. Menurut Imam Al-Ghazali, semua jawaban mereka benar. Namun, hal yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah "nafsu." Karena itu kita harus hati-hati dengan hawa nafsu.
"Apa yang paling berat di dunia ini?" tanya Sang Imam lagi.
Mereka menjawab: baja, besi, dan gajah. Al-Ghazali mengatakan bahwa semua jawaban mereka benar, tapi hal yang paling berat adalah "memegang amanah."
"Apa yang paling ringan di dunia ini?" tanya Imam Al-Ghazali.
Mereka menjawab: kapas, angin, debu, dan daun-daunan. Sang Imam menjelaskan bahwa semua jawaban itu benar, namun yang paling ringan di dunia ini adalah “meninggalkan shalat.” Sungguh begitu banyak orang yang sering meninggalkannya dengan begitu ringan.
"Apakah yang paling tajam di dunia ini?" tanya Imam Ghazali.
Murid-muridnya menjawab dengan serentak: “Pedang.” Lalu, Sang Imam pun menjawab, “Kalian benar!” Tapi, menurutnya, benda yang paling tajam di dunia ini adalah "lidah manusia."
Semoga bermanfaat.

Hormatku

+Muhammad Sabran  Ingin Ngobrol bersama saya Like Fans Page MS- Muhammad Sabran , Follow Twitter @MuhammadSabran. Telegram https://t.me/SabranTrainer 
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar