5 Tips Dalam Menentukan Pilihan

Dalam kehidupan kita sehari-hari tentu kita akan selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan yang mau tidak mau, suka tidak suka, yaaahh.. maka kita harus menentukan satu pilihan. Betul ngak? Contoh:
 -kita harus memilih tempat sekolah atau kuliah, jurusan, atau program studi yang akan kita tempati. 
- memilih pasangan yang akan menemani , menjalani bahtera rumah tangga.
- memilih pekerjaan yang akan kita kerjakan, bahkan saat kita kerja pun kita masih dihadapkan pada dua pilihan. Lanjut   ataukah memilih resign, meski telah memiliki posisi yang bagus.
Dari ketiga hal tersebut saya terinspirasi untuk berbagi tips dalam menentukan pilihan"

PERTAMA
Manusia adalah makhluk lemah dan terbatas, karena itu hendaknya ia  melibatkan Allah dalam setiap keputusan yang diambil, senangtiasa bermunajad pada-Nya. Karena Allah lah yang Maha mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Sebagaimana firman-Nya dalam QS.Al Baqarah: 216.

KEDUA
Keluarga adalah orang terdekat apalagi pasangan hidup kita, karena itu berdiskusi dan mintalah masukan dari mereka. Hal ini bisa membuat kita lebih bijak dalam mengambil keputusan, disisi lain mereka juga dapat memberikan dukungan moral atas keputusan yang diambil.

KETIGA
Ambillah keputusan saat emosi sedang stabil, bukan saat galau, sedih dan marah. Tetap tenang dan jangan tergesa-gesa. Rasulullah pun memuji sikap seperti itu, yang tercermin dalam haditsnya "Engkau.mempunyai dua perkara yang dicintai oleh Allah, yaitu bersikap dewasa, tenang dan tidak tergesa-gesa. (HR.Muslim)

KEEMPAT
Mempersiapkan diri dalam menghadapi segala konsekuensi sebagai hasil dari keputusan yang diambil.

KELIMA
Jalanilah pilihan kita itu dengan penuh tanggungjawab . hilangkan rasa penyelasan yang muncul saat kita mulai menjalani pilihan kita itu. Buktikan bahwa keputusan yang kita pilih adalah tepat.

Ingatlah bahwa setiap pilihan yang kita pilih, yang menjalaninya adalah kita sendiri. Bukan orang lain. Makanya, jangan pernah menyalahkan orang lain jika ternyata keputusan yang kita ambil itu tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Semoga dengan kelima Tips tadi dapat bermanfaat buat sahabat-sahabat dalam menentukan berbagai pilihan hidup. 

Hormatku @MuhammadSabran.
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar