Amalan Utama di Bulan Ramadan

Oleh : Widya

Ramadan adalah Bulan yang istimewa dengan pahala ibadah dilipatgandakan dibanding dengan bulan-bulan yang lain. Nah, maka dari itu Yuk kita panen pahala dengan memperbanyak amalan ibadah utama di bulan ramadhan, selain berpuasa tentunya, dengan :


1. Membaca alquran

Dalam membaca Al qur’an, Allah sangat murah hati dalam memberikan imbalan. Disebutkan dalam hadist : 

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf; lam satu huruf dan mim satu huruf.” [HR. At-Tirmidzi]

2. Salat Tarawih (Qiyami Ramadan)

Dari Abu Hurairah r.a., berkata: Rasulullah SAW menganjurkan (shalat) qiyami Ramadhan kepada mereka (para shahabat), tanpa perintah wajib. Beliau bersabda: Barangsiapa mengerjakan (shalat) qiyami Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Muslim No.1816).

3. Sedekah

Salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadhan adalah memberi makan kepada orang-orang yang berpuasa. Dari Zaid bin Khalid al-Juhani, bahwasanya Nabi Saw bersabda:

“Barangsiapa yang memberi ifthar kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut” (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah). Al-Albani: hadis ini shahih (Shahih al-Jami’al-Shaghir, II/1095). 

Maasya allah, semoga kita mendapat keberkahan dari-Nya dalam bulan suci ramadhan ini dan kemudahan untuk menjalankan ketaatan kepada-Nya dan senantiasa mendapatkan ampunan dari-Nya.
________________________________
------------- 
Follow kami di:
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar