Ar Rayyan


Tahukah kamu?

Orang yang berpuasa mendapat kesempatan untuk memasuki surga Allah melalui pintu Ar-Rayyan 😀
.
Sabda Rasulullah SAW “Sesungguhnya di dalam syurga terdapat satu pintu yang dinamakan pintu ‘Ar-Rayyan’ yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Ditanya (oleh pintu tersebut): “Di manakah orang-orang yang berpuasa?” Maka mereka pun masuk dari pintu tersebut. Setelah semua orang yang berpuasa memasukinya, pintu itu pun ditutup dan tak ada lagi yang masuk melaluinya.” (Hadis Riwayat Muslim, dari Sahl Ibn Sa’ad).
.
‘Ar-Rayyan’ ini berasal dari perkataan “al-ray” yang berarti pengairan, menyegarkan dan pemandangan indah. Nama ini sesuai dengan keadaan orang-orang berpuasa terutama di bulan Ramadhan yang menahan diri dari makan, minum dan hawa nafsu. Rasa dahagalah yang lebih dirasakan oleh orang yang berpuasa berbanding lapar.
.
Allah SWT, berfirman: “Puasa untuk-Ku, dan Dakulah yang akan membalasnya.” Pahala dan balasan Allah SWT, bagi orang-orang yang berpuasa adalah penuh, besar, dan tiada terhitung. Sedangkan kemasukan orang-orang yang berpuasa melalui pintu al-Rayyan ini merupakan tambahan pahala dan penghormatan semata.
.
Hayoo siapa yang ingin masuk surga melalui pintu Ar-Rayyan? Yuk semangat puasanya, ikhlas niatnya, kondisikan lingkungannya. Semoga aku, kamu, dan kita semua adalah calon-calon penghuni surga. 😇 aamiin 
.

Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar