Cintailah Bahasa Arab

Oleh : Muthmainnah Ilham
Bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran dan Hadits yang tidak dapat dipisahkan dari Islam. Oleh karena itu sudah jadi kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk mempelajari dan memahami bahasa Arab, karena salah satu jalan untuk memahami Agama adalah dengan paham bahasa Arab.

Bahkan, ketika kita menilik sejarah, salah satu sebab utama kemunduran umat Islam karena meninggalkan ijtihad (proses penggalian hukum) dan juga meninggalkan bahasa Arab. Negara pada waktu itu tidak lagi menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi negara. Sehingga masyarakat Islam mulai meninggalkan bahasa Arab.

Oleh karena itu, salah satu jalan kebangkitan umat adalah dengan mempelajari dan mencintai bahasa Arab. Dan tentunya menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi negara dan juga untuk memahami Al-Quran dan Assunnah. Karena Islam tidak dapat dipisahkan dari bahasa Arab.

Namun, pada hari ini meskipun sudah banyak lembaga yang mengajarkan bahasa Arab. Akan tetapi masih lebih banyak yang memilih mempelajari bahasa Inggris dibandingkan dengan bahasa Arab. Apalagi dalam dunia pendidikan saat ini, siswa lebih dituntut untuk mempelajari bahasa Inggris dari pada bahasa Arab. Karena sekolah yang mengajarkan bahasa Arab pun masih sangat minim. Inilah salah satu dampak tidak diterapkannya Islam dan ditinggalkannya bahasa Arab.

Sudah saatnya kita kembali menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa dunia yang kita gunakan dalam keseharian kita dan juga dalam memahami Islam.

Umar bin Khattab pernah mengatakan bahwa "Pelajarilah Bahasa Arab, karena Bahasa Arab itu bagian dari Agama kalian."
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar