8 Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan, Menarik Dicoba

Sarang burung walet yang juga dikenal dengan sebutan Edibles Bird Nest adalah sarang yang tercipta dari air liur burung walet yang telah padat. Sarang burung walet ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh karenanya, banyak pula orang-orang yang ingin mengonsumsinya. Sarang burung walet pada umumnya dapat diolah menjadi sup atau es sarang burung. Tekstur sarang burung walet yang telah diolah ini biasanya lembut dan sedikit kenyal. Selain itu, es sarang burung walet juga sangat segar sehingga cocok disantap pada siang hari yang terik.

Sarang burung walet sendiri diketahui mengandung Epidermal Growth Factor (EGF) untuk produksi kolagen alami. Mengonsumsi sarang burung walet secara rutin dapat membantu menjaga kecantikan kulit seperti meremajakan kulit, membuat kulit lebih halus, lebih bercahaya, dan tampak lebih muda. Manfaat sarang burung walet tak hanya terbatas pada kecantikan saja lho. Berikut ini adalah beberapa manfaat sarang burung walet untuk kesehatan yang menarik untuk Anda ketahui 

1. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat sarang burung walet yang pertama adalah untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sarang burung walet diketahui memiliki efek yang serupa dengan obat penurun kolesterol, seperti simvastatin. Namun, ia tidak sampai mengganggu kerja metabolisme dalam tubuh.

Hal ini lantas membuat sarang burung walet mampu membantu menurunkan risiko terjadinya pengentalan darah atau hiperkoagulasi, yang merupakan akibat dari kolesterol tinggi. Hiperkoagulasi inilah yang menjadi penyebab umum terjadinya penyakit jantung atau kardiovaskular.

2. Sumber Antioksidan

Manfaat sarang burung walet yang kedua adalah sebagai sumber antioksidan yang baik. Sarang burung walet mengandung senyawa aktif yang berguna untuk melawan efek radikal bebas. Anda harus selalu memerhatikan keberadaan radikal bebas di dalam tubuh. Karena jika tidak, hal ini berisiko menyebabkan berbagai penyakit.

3. Sumber Mineral

Manfaat sarang burung walet yang ketiga adalah sebagai sumber mineral yang baik untuk tubuh. Sarang burung walet  diketahui memiliki kandungan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Kandungan mineral tersebut adalah mangan, tembaga, seng, dan kalsium.

Mangan berperan penting untuk membantu pertumbuhan tulang. Tembaga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Sementara itu, kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan persendian. Dan seng membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam usus.

4. Cegah Resistensi Insulin

Manfaat sarang burung walet yang keempat adalah untuk membantu mencegah terjadinya resistensi insulin di dalam tubuh. Resistensi insulin adalah salah satu faktor risiko terbesar dari penyakit diabetes. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan kandungan gizi yang terdapat di dalam sarang burung walet. Kandungan gizi tersebut dapat membantu mengurangi produksi insulin yang berlebihan. Selain itu, sarang burung walet juga dapat membantu menjaga kinerja metabolisme dalam memecah lemak agar lebih efektif, sehingga dapat mencegah resistensi insulin.

5. Sumber Asam Amino

Manfaat sarang burung walet yang kelima adalah sebagai sumber asam amino. Sarang burung walet kaya akan nutrisi, salah satunya adalah sumber asam amino penting. Terdapat asam aspartate dan prolin yang bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel dalam sarang burung walet ini.

Terdapat juga sistein dan fenilalanin yang membantu meningkatkan kinerja memori. Sementara, tirosin yang bermanfaat untuk memulihkan pasca sakit dan glukosamin yang membantu pemulihan tulang rawan juga termasuk di dalamnya.

Beberapa asam amino penting tersebut tidak bisa diproduksi oleh tubuh secara mandiri. Untuk itu, harus dimasukkan melalui sumber makanan seperti sarang burung walet yang mengandung banyak asam amino penting ini.

6. Kurangi Dampak Nikotin

Manfaat sarang burung walet yang keenam adalah untuk membantu mengurangi dampak nikotin. Jika Anda adalah seorang perokok aktif maupun pasif, mengonsumsi minuman sarang burung walet diketahui dapat membantu mengurangi kadar nikotin yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam sarang burung walet ini dapat mengurangi dampak negatif pada nikotin yang berpotensi merusak kesehatan tubuh.

7. Baik untuk Anak

Manfaat sarang burung walet yang ketujuh adalah memiliki kandungan yang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Dengan mengonsumsi sarang burung walet secara teratur, sistem kekebalan tubuh dapat meningkat, membangun perlawanan terhadap flu, pilek, dan penyakit yang lebih serius karena kandungan gizi yang tinggi.

Bagi anak-anak yang memiliki jadwal sekolah padat, sarang burung walet ini dapat membantu mengurangi kelelahan, meningkatkan konsentrasi, dan memperkuat memori serta merangsang pertumbuhan otak.

8. Baik untuk Lansia

Manfaat sarang burung waletyang terakhir adalah memiliki kandungan yang baik untuk dikonsumsi lansia. Sarang burung walet dapat digunakan untuk meningkatkan vitalitas dan menjaga kesehatan untuk orang-orang berusia lanjut. Sarang burung walet mengandung glikoprotein dan kaya akan mineral seperti asam amino, kalsium, natrium, magnesium, dan kalium.

Protein dan asam amino ini diketahui mampu membantu proses pembaharuan sel dalam tubuh manusia serta meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Seperti yang diketahui, metabolisme seseorang akan melambat seiring bertambahnya usia. Untuk itu mengonsumsi sarang burung walet menjadi penting untuk memperbaikinya. Sumber https://www.merdeka.com

Hormatku
Muhammad SabranπŸ™

Silahkan lihat juga Dokumentasi Kegiatan Foto-Foto Training Motivasi bersama Coach Sabran disini πŸ‘‰πŸ‘‰πŸ‘‰www.muhammad-sabran.com/2011/08/hubungi-saya.html
  
Jangan Lupa tinggalkan jejak dengan memberikan Komentar 
πŸ‘‡πŸ‘‡Dan Like, Follow, Subscribe dan Join Akun SOSMED SayaπŸ‘‡πŸ‘‡
Like : Fans Page FB Muhammad Sabran 
Follow : IG @muhammad_sabran
Subscribe : Youtube Coach Sabran
Join : Telegram Coach Sabran
Share on Google Plus

About muhammad sabran

0 comments:

Posting Komentar