Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makassar SulSel - Polman SulBar Part 1

Tepat pukul 06.15 Wita hari ini. Kamis, 19 Oktober 2023. Saya bersama Ust. Anastang meninggalkan Kompleks untuk melakukan perjalanan menuju Polman Sulawesi Barat.

Kami memilih jalur belakang dan tembus di Gerbang Kota Maros, Lanjut Pangkep, Barru dan Memasuki Kota Pare-Pare kami singgah isi bensin kemudian lanjut lagi๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช setelah di kota Pinrang tepatnya di penjual salak baru kami singgah beristirahat.

Luarbiasa setelah 5 jam baru beristirahat, padahal seharusnya kata teman-teman komunitas Biker kita harus istirahat setelah 2 jam berkendara.

Setelah menikmati minuman penghilang dahaga dan makan cemilan, saatnya kita melanjutkan perjalanan. Setelah satu jam perjalanan kami tiba di Desa Kuajang tempat adeku. Alhamdulillah....

Setelah makan siang, kami lanjut perjalanan menuju lokasi tujuan yaitu Hotel Al-Ikhlas Polman Sulawesi Barat...

Setelah beberapa menit kami tiba di lokasi tujuan, dan langsung menemui panitia acara setelah itu kami menunaikan sholat.

Kembali bertemu panitia untuk meminta kunci kamar, saatnya saya istirahat. Ust. Anastang lanjut menjadi pengawas.

Setelah menunaikan sholat Magrib, kami menikmati makan malam bersama beberapa panitia acara.

Setelah makan malam dan Istirahat sejenak, suara hujan terdengar....Alhamdulillah

Setelah sekian lama, malam ini bisa melihat hujan turun. Alhamdulillah

Jum'at, 20 Oktober 2023.

Alhamdulillah tenaga kembali pulih, setelah istirahat cukup tadi malam. Pagi ini saya kembali ke rumah adik saya, untuk melihat budidaya Madu Trigona secara langsung.

Suasana disini luarbiasa sangat nyaman, sayangnya belum sempat naik ke gunung dan melihat air terjun.๐Ÿ‘๐Ÿ‘ Jadi agenda hari ini hanya jalan-jalan lihat sarang lebah Trigona...

Alhamdulillah sudah berada di lokasi๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Langsung ditemani sama Ade Fawwas keliling-keliling melihat tempat lebah๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Mantap....๐Ÿ‘ Jumlah tempat budidaya madu trigona yang ada disini sekitar seratus

Rambutan dan Durian sudah mengeluarkan buahnya walau masih kecil sudah sangat menggembirakan. Semoga 3 bulan kedepan bisa kesini lagi untuk makan buah. Aamiin

Setelah puas keliling-keliling, saatnya kita melihat-lihat bibit berbagai macam buah-buahan yang juga di jual disini๐Ÿ‘ buat teman-teman yang mau pesan bisa hubungi nomer saya he...he... serius....langsung japri saja๐Ÿ‘๐Ÿ‘Œ

Stoknya banyak, bibit ini ternyata memiliki sertifikat juga๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Setiap sarang lebah madu trigona juga memiliki No Blok sarang he...he...

Jadi untuk mengetahui yang mana sarang yang bisa dipanen, terlebih dahulu harus ditimbang terlebih dahulu. Kalau beratnya lebih dari 5 Kg, maka bisa untuk dipanen๐Ÿ‘ Tapi ingat ya....kalau sudah ditimbang, kembalikan sarang di blok dan posisinya harus sama dengan posisi awal. Kalau tidak maka lebahnya tidak akan mau masuk.....

Setelah semua selesai, saatnya kita siap-siap untuk menunaikan sholat jum'at di masjid yang lokasinya tidak jauh dari Lokasi Budidaya Madu Trigona. Foto bersama kemanakan om dulu๐Ÿ‘๐Ÿ‘ Jagoan semua.....

Setelah sholat Jum'at dan Makan Siang, selanjutnya kita siap-siap ke Kanang untuk berbagi materi Public Speaking...

Alhamdulillah bertemu kemanakan, yang izin keluar dari pondok.

Berbagi ilmu Public Speaking, sampai menjelang waktu magrib.

Saatnya kita pulang, singgah sholat magrib dulu sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke rumah. Hanya butuh waktu beberapa menit saja kami sudah tiba di rumah. Alhamdulillah....

Setelah makan malam, saatnya kita istirahat dan memulihkan tenaga๐Ÿ‘ Insya Allah besok kita akan melihat proses panen madu trigona sebelum kembali ke Makassar.

Silahkan tinggalkan jejak dengan memberikan Komentar.......

Dokumentasi Kegiatan Foto-Foto Training Motivasi bersama Coach Sabran disini ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰www.muhammad-sabran.com/2011/08/hubungi-saya.html