Apa Itu Public Speaking ?

Sebagai makhluk sosial, tentu kita akan  berkomunikasi dengan orang lain atau keluarga kita sendiri. Komunikasi kita lakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan kita. 

Contoh ketika kita butuh pertolongan :" Bu,  buatkan saya teh" atau "Mbak, tolong ambil jemurannya."

Ketika kita bertanya kepada orang lain : Maaf Jam berapa sekarang? atau dimana toiletnya pak? 

Atau hanya sekedar sapaan rekan kerja setiap harinya dikantor : Halo semua, semangat pagi apa kabar? 

DAPAT DIBAYANGKAN BUKAN
sebagian besar kehidupan manusia diisi oleh kegiatan berkomunikasi atau BERBICARA. 

Berbicara merupakan kegiatan yang sudah biasa dilakukan oleh semua orang.
betul apa betul? dan semua manusia bisa melakukannya. 

NAMUN YANG TIDAK SEMUA ORANG DAPAT LAKUKAN ADALAH BERBICARA DI DEPAN UMUM. 

BERBICARA DIDEPAN UMUM memerlukan KEAHLIAN TERSENDIRI. Dengan 3 UNSUR yang penting berperan didalamnya. Kemampuan atau teknik berbicara di depan umum inilah yang disebut "PUBLIC SPEAKING"

Tentu kita semua sering melihat orang berbicara di depan umum. Misalnya seorang tokoh politik yang sedang berorasi di hadapan massa atau seorang trainer memberikan motivasi, mungkin itu saya he.... he.... 

Apakah orang yang membaca puisi di hadapan publik melakukan teknik public speaking? bagaimana pula dengan perbincangan ibu-ibu arisan? mana diantara fenomena itu yang memerlukan keahlian public speaking?

JADI Secara Sederhana Public Speaking merupakan SUATU TEKNIK MENGKOMUNIKASIKAN PESAN ATAU PENDAPAT DI DEPAN BANYAK ORANG, DENGAN MAKSUD AGAR ORANG LAIN MEMAHAMI INFORMASI YANG DISAMPAIKAN ATAU BAHKAN BISA MENGUBAH CARA PANDANGNYA. 

Teknik berkomunikasi didepan banyak orang ini  tidak dilakukan secara monolog, melaikan dalam dialog yang berkesinambungan.  Nah, dari sini kita dapat langsung menyimpulkan bahwa orang yang sedang membacakan puisi di hadapan khalayak ramai bukanlah seseorang yang melakukan public speaking. Dia tidak melakukan dialog dengan audiens. Public Speaking juga berbeda dengan obrolan di sebuah arisan, dalam suasana yang sangat cair dan tidak terstruktur. 

Dalam Public Speaking seorang pembicara memiliki alur yang jelas dan memiliki tujuan agar apa yang disampaikan didengarkan, difahami dan diikuti oleh pendengarnya. 

Public Speaking digunakan untuk beragam tujuan seperti memberikan pidato, orasi, mengorganisasi massa,  memotivasi para pendengar,  memimpin rapat,  memberikan materi perkuliahan, penyuluhan, khutbah,  berjualan dan masih banyak lagi.  

Oleh karena itu hampir semua profesi saat ini membutuhkan Ilmu Public Speaking. Untuk menyampaikan ide dan pendapatnya kepada orang lain. Setiap orang tentu ingin idenya dipahami, diikuti, dan dilaksanakan oleh orang lain. Oleh karena itu, sesungguhnya hampir setiap orang di dunia ini membutuhkan keahlian public speaking. 

PUBLIC SPEAKING DAPAT DIKEMBANGKAN MELALUI LATIHAN DAN KEMAUAN. SETIAP ORANG DAPAT MELAKUKANNYA, ASAL MAU BELAJAR, BERLATIH DAN TERUS MENGASAH KEMAMPUANNYA. 

Hormatku
Muhammad SabranπŸ™

Silahkan lihat juga Dokumentasi Kegiatan Foto-Foto Training Motivasi bersama Coach Sabran disini πŸ‘‰πŸ‘‰πŸ‘‰www.muhammad-sabran.com/2011/08/hubungi-saya.html
  
Jangan Lupa tinggalkan jejak dengan memberikan Komentar 
πŸ‘‡πŸ‘‡Dan Like, Follow, Subscribe dan Join Akun SOSMED SayaπŸ‘‡πŸ‘‡
Like : Fans Page FB Muhammad Sabran 
Follow : IG @muhammad_sabran
Subscribe : Youtube Coach Sabran
Join : Telegram Coach Sabran
Share on Google Plus

About muhammad sabran

0 comments:

Posting Komentar