FORMULA 3 M = M

Ada tiga hal yang dibutuhkan oleh seseorang untuk sukses dan maju berkembang yakni :

1. Mampu (Kemampuan) antara lain pengetahuan, ketrampilan dan kapasitas untuk menangani tugas.

2. Mau (Kemauan) antara lain : dorongan, focus, determinasi, sikap dan keyakinan untuk menyelesaikan tugas

3. Modal (Ketersediaan Modal) antara lain : perlengkapan, alat-alat, serta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas.

Tanpa adanya ketiga hal atau variabel diatas, seeorang tidak akan pernah bisa sampai pada puncak kesuksesannya dan maju berkembang. Derajat keberadaan ketiga variabel ini, langsung maupun tidak langsung, bisa mendorong atau bahkan mungkin menghambat  kemajuan dan kesuksesan seseorang.


MAMPU + MAU + MODAL = MAJU

Variabel MAMPU (Kemampuan) Meliputi :
* Pengetahuan (Training)
* Keterampilan (Training)
* Kapasitas / Sumber daya yang dimiliki

Variaber MAU (Kemauan)
* Dorongan, Antusias
* Focus, Dterminasi
* Sikap, Keyakinan

Variabel Modal
* Perlengkapan
* Alat
* Waktu

MAJU (Kemajuan)
= SUKSES
= TUMBUH
= PROFIT

Persamaan diatas dimulai dengan kemampuan, ini adalah variabel yang paling nyata, karena tanpa pengetahuan dan keterampilan yang tepat serta memadai (kemampuan) untuk menyelesaikan sebuah tugas, seseorang akan terhambat, dan bahkan berhenti dengan perasaan frustasi. 
Contoh : Ada seorang remaja yang baru saja dibelikan sepeda motor oleh orang tuanya. Ia punya antusiasme dan keinginan (Kemauan) untuk mengendarai sepeda motor barunya itu (Ketersediaan Modal), namun ia tidak memiliki keterampilan dan Pengetahuan (Kemampuan) agar bisa pergi memamerkannya kepada teman-temannya. Setelah beberapa kali mencoba dan gagal menjalankan sepeda motor barunya itu, akhirnya ia menjadi frustasi dan menyerah.

Hal lain yang juga krusial dalam persamaan diatas adalah ketersediaan modal untuk menyelesaikan sebuah tugas. Misalkan, anda dan tim anda memiliki sebuah ide brilian atau cara canggih untuk meningkatkan sukses namun anda kekurangan bujet, waktu atau pengaruh untuk mengeksekusinya. Anda memiliki kapasitas untuk mendapatkan solusi baru (kemampuan), dorongan dan keyakinan untuk merealisasikannya (Kemauan), namun kekurangan uang atau orang (Ketersediaan modal) untuk mewujudkannya. Tentu saja ini tidak menjadikan sebuah pengalaman yang menyenangkan, karena akhirnya anda dan tim anda tidak bisa merealisasikannya.

Sebagai manager - sekaligus sebagai manusia - kadang kita hanya memfokuskan diri pada kemampuan dan ketersediaan modal. Pada saat terjadi penurunan kinerja, manager seringkali berupaya melatih staf-stafnya untuk memperoleh keterampilan baru atau menambah permodalan dengan harapan masalahnya terselesaikan, Unur tengah dari persamaan diatas : Kemauan, seringkali malah diabaikan, disepelekan atau bahkan dilupakan sama sekali. Variabel kemauan ini merujuk pada hal-hal seperti sikap, dorongan, keyakinan, antusiasme, fokus, determinasi, kebutuhan, gelora, inspirasi dan sejenisnya. Meskipun sulit untuk mengukur dan mengelolanya, kalau anda hanya mengandalkan kemampuan dan ketersedian modal saja tanpa menyertainya dengan kemauan yang memadai, anda tidak akanmenuju kemana-mana. Banyak menejer kerap mengatakan hal-hal seperti "Mengapa mereka tidak mengerjakan saja tugas-tugasnya dan meninggalkan semua hal remeh temeh itu di rumah" Faktanya orang tidak bisa , "dengan begitu saja meninggalkannya di rumah" karena sebagai manusia, memang kita tidak bisa.

Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa tinggalkan jejak dengan memberikan Komentar 

Hormatku
Muhammad SabranπŸ™
☎️ http://wa.me/6285299197534

Silahkan lihat juga Dokumentasi Kegiatan Foto-Foto Training Motivasi bersama Coach Sabran disini πŸ‘‰πŸ‘‰πŸ‘‰www.muhammad-sabran.com/2011/08/hubungi-saya.html
  
πŸ‘‡πŸ‘‡Like, Follow, Subscribe dan Join Akun SOSMED SayaπŸ‘‡πŸ‘‡
Like : Fans Page FB Muhammad Sabran 
Follow : IG @muhammad_sabran
Subscribe : Youtube Coach Sabran
Join : Telegram Coach Sabran
Share on Google Plus

About muhammad sabran

0 comments:

Posting Komentar