DANAU BERATAN - BALI

Kalau mau menuruti agenda tour, yang pertama harus kami kunjungi adalah Tanah Lot dihari pertama ini. Tapi karena beberapa pertimbangan menurut gaide yang memandu kami atau "bli" kami memanggilnya,  lebih baik kita ke Danau Baratan dulu. Sekaligus sholat jum'at dan makan siang disana kata "Bli". Kami sih ngikut aja mana yang bagus..
Akhirnya dari bandara Ngurah Rai, bandara yang katanya termasuk salah satu dari 3 bandara tersibuk di Indonesia, kami langsung meluncur ke Bedugul.

Sepanjang perjalanan dari Denpasar menuju Bedugul, saya begitu sangat menikmatinya. Walaupun agak sedikit ngantuk..karena kurang tidur malamnya. Tapi mata ngak bisa tertidur, apa lagi di tambah dengan cerita-cerita "Bli" yang sesekali membuat tersenyum. Dan pertanyaan-pertanyaan "Bli" yang kadang memunculkan tanda tanya besar.....

Bali tak seperti yang saya bayangkan, awalnya saya berpikir kita akan banyak melewati pesisir. Ternyata kami banyak melewati perkebunan sayur , pasar sayur dan suasana perjalanan menanjak menuju puncak bukit.
sungguh pemandangan pegunungan yang indah sesekali, mobil yang kami tumpangi sesekali menembus kabut, karena suasana hari ini juga hujan.
Alhamdulillah sesampainya ditempat wisata yang kami tuju (kurang lebih 2 Jam), hujan mulai sedikit reda (gerimis).  Untung di mobil ada beberapa payung Mantap....

Danau Beratan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikunung, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. 

Sebelum memasuki kawasan ini kita harus membeli tiket dulu, kalau tidak salah harga tiket masuknya adalah :

Untuk WNI (domestik)
  • Dewasa : Rp10.000/orang
  • Anak : Rp7.500/orang
Untuk WNA (Warga Negara Asing)
  • Dewasa : Rp 30.000/orang
  • Anak : Rp15.000/orang
Biaya Parkir
  • Mobil Roda 4 : Rp 5.000/mobil
  • Bus : Rp10.000 ribu/bus
  • Sepeda Motor: Rp 2.000 ribu/motor
Oh hampir lupa, saya juga sempat buang air kecil bayar 2.000. Di pintu toilet ada tulisan warna ? kalau tidak salah ada 3 warna, ada yang tau maksudnya ngak???

ini dia danau baratan yang terpampang indah sekitar 1.239 meter di atas permukaan air laut. Tempat wisata ini buka mulai pukul 08.00 - 18.00 Wita. Namun, kalau area ini sedang berkabut. Lokasi pura akan ditutup lebih cepat untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Ditengah danau terdapat sebuah pura yaitu pura Ulun Danu, yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan Kata "Bli" dengan semangat menjelaskan.
Saat berada disana, kondisi danau berkabut dan gerimis. Disini kita juga dapat melihat langsung Pura Ulun Danu Beratan. Tapi bagi teman-teman yang belum tahu Pura Ulun Danu Baratan, teman-teman bisa membuka uang Rp. 50.000. Jika makin penasaran, tempat ini harus wajib dikunjungi jika travelling ke Bali.

Setelah puas berkeliling danau dan mngambil beberapa foto, sebagai kenang-kenangan. Selanjutnya berbelanja kenang-kenangan buat si buah hati dan Istri tercinta. Tempat penjual cinderamata terletak didekat tempat parkir kendaraan, dibagian depan atau sebelah kanan sebelum pintu masuk.

Disini juga kita dapat mengelilingi danau, ada penyewaan perahu tapi kami tidak merasakannya karena waktunya sempit kata "Bli".

Alhamdulillah akhirnya dapat menikmati Danau Beratan juga, selama ini hanya baca melalui online.
Semoga suatu saat dapat kesini lagi bersama keluarga....
Bali, Jum'at / 5 Februari 2016 

Hormatku

+Muhammad Sabran  Ingin Ngobrol bersama saya Like Fans Page MS- Muhammad Sabran atau Follow Twitter @MuhammadSabran
Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar