Perjalanan Bulukumba - Makassar - Jakarta

#RKA
#SuzukiAfterSalesManagerMeeting
 
Senin, 05 Desember 2016. Tepatnya pukul 16.00 wita, walau terasa berat saya meningalkan Istri dan buah hatiku selama 6 hari. Apa boleh buat #DemiTugas, tapi saya bersyukur karena masih ada keluarga yang berkenan menemani Istriku selama saya tidak berada di Bulukumba. #Makasih Tante Ani dan Om Daud.

Bulukumba-Makassar, sepanjang perjalanan saya gunakan untuk sedikit beristirahat, karena kemarin (Ahad,4/5/2016) baru dari Kota Pare-Pare ngisi acara #MyMovement, jadi masih terasa sedikit lelah. Dan tak lupa sesekali ku memanjatkan doa. Berdoa untuk saudara-saudaraku yang lain, berdoa untuk keluargaku, dak tak lupa ku berdoa agar semua Impian-impianku segera terwujud #Amin
Setiap melakukan perjalanan baik melalui darat, laut maupun udara, saya selalu menyempatkan untuk banyak-banyak berdoa. Saya selalu teringat dengan Hadist bahwa yang berdoa saat melakukan perjalanan Insya Allah segera terjawab.

Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud dan Turmudzi dengan sanad yang hasan bahwa Nabi saw. bersabda:    
ثلاث دعوات مستجبات لا شك فيهن : دعوة الوالد على ولده ، ودعوة المسافر ، ودعوة المظلوم  
"Ada tiga macam doa yang pasti diterima tanpa syak lagi, yaitu: Doa bapak, doa musafir dan doa dari orang yang teraniaya."

Dan hampir sebagian besar perjalanan kami dari Bulukumba menuju Makassar diguyur air hujan. Insya Allah #Berkah Sesampainya di Kota Daeng saya nginap di Kontrakan kemanakanku Alim yang sedang kuliah di UNM Jurusan Psikologi, #MaksihNak

Selasa, 06 Desember 2016
Sesuai dengan kesepakatan bersama, bahwa kami/Service Manager bersama Service Representative akan melakukan meeting tentang #RKA tahun 2017 di Showroom Suzuki Latimojong Pukul 09.00 Wita.

Alhamdulillah semua berkumpul tepat pada waktu yang telah disepakati, senang sekali rasanya baru kali ini kita berkumpul bersama, selama ini kami hanya berkomunikasi melalui HP. Peserta Meeting RKA hari ini adalah sebagai berikut :

1. Bapak Rusdy (Service Representative)
2. Bapak Agus Ramdani (Service Manager MPS Latimojong)
3. Bapak Frits Limer (Service Manager MPS Pettarani)
4. Bapak Nasrul Habibi Syahid (Service Manager MPS Palopo)
5. Bapak Ruslan (Service Manager MPSMamuju) dan
6. Saya Sendiri selaku Service Manager MPS Bulukumba

Banyak hal yang kami perbincangkan dan diskusikan, terkait pencapaian sekaligus evaluasi pencapaian kami di tahun 2016 di tempat masing-masing. #SalingBerbagi

Tak terasa waktu istirahat, sholat dan makan telah tiba....Pukul 12 siang lewat...

Kami melanjutkan meeting RKA pukul 13.30 Wita sampai pukul 17.20 Insya Allah kami akan lanjutkan besok sebelum berangkat menuju Jakarta #Pemantapan

Rabu, 7 Desember 2016
Hari ini kami hanya memantapkan hasil rapat RKA kemarin, karena akan ditandatangani oleh Direktur (Owner) dan dikirimkan ke jakarta.

Selanjutnya kami berbincang-bincang lepas hingga waktu makan siang tiba, setelah makan siang dan Sholat kami berangkat menuju Bandara Sultan Hasanuddin. Kurang lebih satu jam lebih kami menunggu, akhirnya kami naik keatas pesawat Sriwijaya Air

Jadwal penerbangan kami menuju Jakarta pukul 15.20 Wita. Dan tepat pukul 17.00 Wib kami tiba di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. #Alhamdulillah

Kurang lebih kami menunggu satu Jam, jemputan kamipun tiba. Setelah itu kami diarahkan untuk santap malam, sambil menunggu Bus yang akan mengantarkan kami menuju Lokasi Acara besok.

Dan tepat pukul 19.45 Wib kami tiba di Hotel Holiday Inn Kemayoran Jakarta, setelah melakukan konfirmasi kedatangan dan reservasi kamar. Kami langsung diarahkan ke kamar masing-masing. Saya dapat tempat di 1129 bersama Pak Ruslan. Setibanya di kamar kami Lansung #Nonton pertandingan Piala AFF Indonesia VS Viatnam.

Suasana pagi dari kamar kami lantai 11 Holiday Inn Kemayoran

Kamis, 8 Desember 2016
Alhamdulillah saya bersama Pak Ruslan sarapan lebih cepat agar dapat hadir diruangan sebelum pukul 08.00 wib.

Setelah melakukan registrasi, kami memasuki ruangan dan menempati tempat yang telah disediakan oleh panitia. #Meja14

Acara Suzuki After Sales Manager Meeting ini sangat padat sekali, setelah di buka oleh Pak Taufik dan Ibu Widya Selaku MC tepat pukul 08.07 Wita. Selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh Mr. Tamotsu Shimizu

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kita (After Sales) bukan hanya memberikan mimpi-mimpi tapi kita betul-betul telah memberikan apa yang kita janjikan.

Managemen PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga puas dengan pencapaian After Sales, maka teruslah memberikan yang terbaik buat dealer anda masing-masing.
Beliau juga menyinggung sedikit tentang pencapaian sales, dan memberikan penjelasan terkait produk-produk yang akan di pasarkan di Indonesia 2017 sampai tahun 2020.

Beliau juga menyampaikan bahwa kedepannya kita bisa lebih baik lagi, dan pertemuan seperti ini dapat kita lakukan 2 kali dalam setahun. Kenapa karena kita punya Uang, dan di ikuti tepuk tangan 224 Peserta. Kita punya uang kalu kita dapat meraih target yang telah kita Impikan....

Setelah itu di lanjutkan dengan presentasi tentang Service Outlook 2017 and Strategy oleh Bapak Riecky Patrayudha dalam sambutannya beliau sangat senang dan bangga karena dapat bertemu dengan 224 Manager Service dan Manager Sparepart dari Aceh sampai Jayapura. Beliau mempresentasikan 4 Fokus utama yang harus dilakukan ditahun depan (2017)

Setelah itu presentasi di Lanjutkan Oleh Bapak Ignatius Ratrianto Wibowo tentang Sparepart Outlook 20017 & Strategy. Di awal persentasi setelah memperkenalkan diri, beliu sudah 25 Tahun di Suzuki dan baru kali ini ada pertemuan seperti ini. Kenapa karena Aftersales bukan lagi sebagai penopang tapi sudah menjadi bisnis. Dalam presentasi beliau menjelaskan pencapaian SGP, SGO dan SGA yang semuanya pencapaiannya lebih dari 100%. #Luarbiasa
Beliau juga menyarankan agar tetap konsisten menjalankan sistem yang telah disediakan #AOS

Presentasi berikutnya adalah Bapak Purnomo, yang membahas tentang Service Planning. Beliau kembali mengulang bahwa service bukan lagi sebagai pelengkap tapi sudah menjadi bisnis unit. Beliau kembali mengigatkan tentang 4 Hal yang telah disinggung sebelumnya. Dan mengigatkan tentang Active Vin. Serta memberikan arahan terkait man pawer yang ada di dealer, agar lebih maksimal lagi.

Bapak Antonius Surono didaulat untuk memberikan presentasi berikutnya tentang Sparepart Planning. Beliau lebih banyak membahas agar sparepart dapat tiba tepat waktu di dealer atau bahkan lebih cepat untuk tahun depan.

Presentasi berikutnya oleh Bapak Fanani tentang Bissines Development beliau menyampaikan bahwa peluang kita begitu sangat besar khususnya Sparepart dan service kedepannya, Bahakan beliau juga menjelaskan tentang gagasan baru yang akan dijalankan tahun depan untuk menjaga harga jual mobil bekas suzuki tetap baik (Sertifikasi). #Mantap

Sebenarnya sudah waktu makan siang, tapi karena masih ada beberapa presentasi maka jam istirahat kami di undurkan 30 Menit.

Presentasi yang marathon dari team Support PT. SIS yaitu :

1. Pak Imam Suyuti (Technical and Quality)
2. Pak Adi Prasojo (Trainini)
3. Ibu Desi (Customer Relation)
4. Pak Pujiono (Publication) dan


Setelah semua materi tersampaikan maka kamipun istirahat, sholat dan makan siang (12.30 - 13.30 Wib). #JadwalnyaPadat

Dan setelah makan siang, sholat dan Istirahat, kami kembali memasuki ruangan, untuk mengikuti acara Suzuki After Sales Manager Meeting untuk sesi Tanya Jawab. #Mantap

Sesi tanya jawab disambut baik oleh peserta yang hadir, berbagai pertanyaanpun muncul dan ada juga yang sedikit curhat he...he...

yang jelas semua pertanyaan terjawab dengan baik, sebenarnya masih banyak yang ingin menyapaikan pertanyaan dan memberikan masukan termasuk saya secara pribadi.

Tapi karena waktu yang tidak cukup, maka selanjutnya kami disarankan untuk menuliskan pertanyaan dikertas yang nanti disiapkan oleh panitia setelah makan malam.


Sebelum kembali ke kamar masing-masing, selanjutnya adalah sesi Foto bersama semua peserta secara bergantian sesuai area masing-masing.

Pukul 17.00 wib lewat kami diizinkan untuk kembali ke kamar, dan kembali tepat pukul 18.30 Wib.

......Tepat pukul 18.30 acara segera dimulai, tapi panitia menyarankan agar mengambil santap malamnya dulu.....

Setelah makan malam selanjutnya acara penyerahan penghargaan kepada Service Manager dan Manager Sparepart atas prestasi di dealer masing-masing.

Setelah itu acara ditutup dengan Closing Speech oleh Bapak Riecky Patrayudha, Maka berakhirlah semua rangkaian acara hari ini.

Alhamdulillah acara Suzuki After Sales Manager Meeting selesai. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya. #SelamatBeristirahat

Sebagian peserta ada yang langsung meninggalkan hotel, kalau team kami dari MPS akan meninggalkan hotel besok.


Jum'at, 9 Desember 2016
Alhamdulillah tadi malam dapat beristirahat dengan baik, karena tidak langsung balik ke Makassar. Setelah sarapan dan berkemas-kemas barang di kamar.
Tepat pukul 08.00 kami berkumpul di Koridor Hotel sambil menunggu rekan-rekan lainnya untuk bersama-sama menuju bandara Soekarno-Hatta.

Tiba lebih cepat, jauh lebih baik dari pada terburu-buru. Apalagi Kondisi Jakarta susah ditebak macetnya he...he....

Setelah melakukan boarding, kami menuju ruang tunggu. Setelah menunggu kurang lebih 2 jam akhirnya kami diperintahkan naik keatas pesawat. Penerbangan pukul 11.20 Wib menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Alhamdulillah kami tiba pukul 14.30 Wita, dan kami disambut dengan macet yang luarbiasa panjangnya (Maklum karena banyak jama'ah Umrah) #Sabar

Tepat pukul 17.15 Wita kami tiba di Kantor MPS Latimojong, selanjutnya saya ikut bersama pak Frits karena kebetulan satu arah. Saya tiba ditempat kemanakanku tepat pukul 18.00 Wita.

Sabtu, 10 Desember 2016
Pagi ini kami kembali melanjutkan pertemuan pasca mengikuti Suzuki After Sales Manager Meeting di Jakarta, pertemuan kami hari ini fokus untuk membahas Master Plan di Tahun 2017 Khusus untuk PT. Megahputra Sejahtera.

Dan pada pertemuan kali ini juga dihadiri oleh Bapak Andree Sulimdro Selaku Asisten Direktur MPS, sehingga beliau dapat mendengar secara langsung saran serta masukan-masukan yang kami berikan.

Setelah makan siang peserta meeting bertambah ada Pak Abdullah Shidiq Ahmad selaku Trainer Service. #Lengkap

Alhamdulillah tepat pukul 15.20 Wita, semua rencana 2017 telah tersusun secara tertulis. Tinggal menunggu pelaksanaannya di Tahun 2017. #2017MilikKita

Semoga apa yang kita lakukan, selama sepekan ini dapat memberikan hasil yang Maksimal buat perusahaan kita. #Amin Sampai ketemu dipertemuan meeting berikutnya di Tahun 2017 (Evaluasi 3 Bulan). Alhamdulillah Semua selesai saatnya untuk membeli oleh-oleh buat Istri dan Anak-Anak dirumah dan segera balik ke Bulukumba #RinduKeluarga
Follow Twitter @SabranSuzuki

Hormatku

+Muhammad Sabran  Ingin Ngobrol bersama saya Like Fans Page MS- Muhammad Sabran , Follow Twitter @MuhammadSabran. Telegram https://t.me/SabranTrainer


Share on Google Plus

About Muhammad Sabran

0 komentar:

Posting Komentar