Kala Bunda Lelah Bersabarlah

Oleh : Ustazah Yanti Tanjung

#DuniaParenting- Kesabaran itu sifat yang melekat pada diri seorang muslim, pahalanya tanpa batas. Maka kesabaran intinya tetap bertahan dalam koridor syariah Islam dalam kondisi apapun dan dalam situasi apapun, termasuk dalam membersamai anak-anak.

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” (QS. Az Zumar: 10)

Pahami bahwa yang memiliki anak dengan tingkah polah seperti anak ibu bukan hanya ibu tapi rata-rata para ibu mengalami apa yang ibu alami maka jangan merasa sendirian,nikmati saja dan jangan lupa bahagia. Kita punya anak selalu merasa capek dan lelah itu pasti, gak punya anak juga pasti lebih lelah lagi, karena banyak para ibu belum Allah karuniakan anak lelahnya luar biasa, lelah jiwa menunggu lahirnya sang buah hati. Kenapa tidak banyak bersyukur saja sambil banyak tersenyum dengan tingkah polah anak, setiap detik dalam ridha Allah, terpuaskan jiwa dengan celupan nikmat yang selalu bertambah di setiap tumbuh kembang anak-anak kita, masya Allah tak ada nikmat yang luar biasa setelah iman dan Islam selain anak-anak.

Jika sudah memahami bahwa kehidupan saat ini sedemikian ruwetnya dirancang oleh Kapitalisme kenapa bisa menjadi korbannya ? Ibu tangguh tak sudi dikorbankan oleh Kapitalisme,dia akan melawannya dengan sepenuh iman di dada dan akan menghapusnya dari kehidupan anak-anaknya. Kenapa harus stress dengan kehidupan Kapitalisme? Kita tak boleh stress, jika seorang ibu mudah stress lantas anak-anaknya bagaimana? Bisa jadi lebih parah stressnya karena dididik oleh ibu yang stress.

Seorang muslimah itu jika pegangannya dengan tali agama Allah kuat, jika kesadaran berhubungan dengan Allah nya selalu on,gak ada kata stress dalam kamus hidupnya,dia akan selalu bahagia dalam ridha Allah.

Agar anak itu tidak menjadi beban atau menjadi korban, ibu harus memiliki hal-hal beriukut :

1. Aqidah Islam yang kokoh tsaqafah Islam yang luas yang didapat di majelis ilmu

2. Memiliki pemahaman tentang pengasuhan dan pendidikan dalam Islam 

3. Memiliki kekayaan strategi

4. Memiliki kepribadian Islam yang tangguh

5. Cerdas

6. Salehah

7. Bervisi surga

Jika memang ibu benar-benar mengalami stres,maka segera banyak istighfar, berdzikir, ibadah yang kenceng, doa yang penuh harap adukan semua keluhan kepada Allah saja. 

Trus jangan abaikan support dari ayahnya anak-anak, minta nasehatnya, penguatan2nya, sinerginya berbagi amal saleh. Terakhir berada di tengah-tengah komunitas sahabat yang shalehah.[]
_____
#DuniaParenting
#SahabatKeluargaMuslim
#ProdukKeluargaMuslim
#ArtikelParenting
#KeluargaSamawa
Share on Google Plus

About muhammad sabran

0 comments:

Posting Komentar