Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Mengatasi dan Menghindari Stres Saat Mendampingi anak belajar Daring

Ayah dan Bunda yang saya hormati ๐Ÿ™๐Ÿ™
MENDAMPINGI ANAK SAAT SEKOLAH DARI RUMAH SECARA DARING MENJADI TUGAS BARU BAGI ORANG TUA SEJAK PANDEMI COVID-19. 

TAK SEDIKIT YANG MERASA INI SEBAGAI BEBAN SEHINGGA MENIMBULKAN STRES BAHKAN SAMPAI ADA YANG TEGA MEMBUNUH ANAKNYA KARENA SANGAT KESAL LANTARAN KORBAN SUSAH DIAJARI SAAT BELAJAR.

BAGI ANDA YANG INGIN MENGHINDARI ATAU MENGATASI STRES SAAT MENDAMPINGI ANAK BELAJAR SECARA DARING, SEMOGA 6 TIPS INI DAPAT MEMBANTU :

Pertama : Yakinilah bahwa anak adalah titipan yang Allah SWT berikan kepada kita, apapun kondisi dan keadaannya saat ini maka terimalah, karena itu karunia dari-NYA. Sebagai sebuah titipan maka kita harus merawat dan menjaganya baik-baik.

Insya Allah jika kita memperlakukannya dengan baik, penuh kasih sayang maka akan berbuah pahala, sebaliknya jika kita berbuat zholim kepada anak-anak kita maka akan berbuah dosa dan menjerumuskan kita kedalam neraka.

Maka jangan pernah menganggap mendampingi anak belajar sebagai beban. Tapi jalani sebagai sebuah amanah yang Allah berikan buat kita.

Kedua : Berdoalah untuk mereka, Mohonlah doa khusus agar Allah SWT bisa memudahkan anak kita memahami apa yang kita sampaikan. Berdoa bisa kita lakukan kapan saja, tapi alangkah bagusnya jika kita lakukan diwaktu-waktu yang mustajab (spt saat sujud, setelah sholat 5 waktu, saat sholat tahajjud). 

kalau saya sering menghadiahkan mereka surah Al-Fatihah (Kapan saja)

Ketiga : Buang rasa gengsi, maksudnya bagaimana ? pelajaran anak kita sangat banyak, jangan menanggung beban sendirian dalam mengajari anak sekolah daring karena dapat menjadikan kita stres. Jadi kalau ada pelajaran yang kita tidak mengerti jangan sungkan atau malu tanyakan kepada pasangan. Saya biasanya jika anak mau belajar BTQ lebih saya arahkan ke umminya๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ karena lebih jago๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Keempat : Saat mengajar anak kita, cobalah komunikatif. Salah satunya dan sangat mudah kita deteksi adalah coba pahami expresi wajahnya saat kita mengajarnya. Apakah dia tampak senang atau tidak? Jelaskan kepada anak bagaimana cara yang dia inginkan, agar dia senang belajar. Maunya bagaimana....jangan pakai maunya kita๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚sekali jelaskan harus langsung faham.

Kelima : ini kesalahan saya selama ini๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™ saya harus berubah๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช
Jangan marah-marah, atau mengajar dengan cara nada suara yang tinggi. Jika kita menjalskan kepada anak lalu anak kita belum mengerti, cobalah jelaskan dengan cara yang lain. Tapi jangan sambil marah-marah ya he..he...

Karena kalau pakai marah kita stres dan anakpun ikut stres๐Ÿ˜Œ

Terakhir....

Keenam : Terima dengan lapang dada, jika kita sudah berusaha dengan maksimal, semua cara kita sudah keluarkan. Namun anak kita belum juga paham, maka terimalah dengan lapang dada. Sadarilah bahwa daya tangkap setiap anak itu memang beda-beda, tak bisa kita paksakan.

Yang penting adalah kita sudah berdoa dan berusaha....
serta tidak stres๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Semoga Bermanfaat.....

Silahkan tinggalkan jejak dengan memberikan Komentar.......

Dokumentasi Kegiatan Foto-Foto Training Motivasi bersama Coach Sabran disini ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰www.muhammad-sabran.com/2011/08/hubungi-saya.html
  
Hormatku


Coach Sabran๐Ÿ™

2 komentar untuk "6 Tips Mengatasi dan Menghindari Stres Saat Mendampingi anak belajar Daring"

  1. Terimakasih atas tutorialnya bang. Sangat membantu sekali. saya juga punya blog pendidikan yang mungkin bisa bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas tutorialnya bang. Sangat membantu sekali. saya juga punya blog pendidikan yang mungkin bisa bermanfaat

    BalasHapus