KEUTAMAAN BANGUN PAGI

Bangun pagi adalah salah satu hal yang agak sulit dilakukan oleh sebagian orang.
Islam memberikan panduan bagi pemeluknya agar sukses menjalani kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Islam juga memberikan langkah-langkah konkret agar manusia bisa menikmati kebahagiaan dan menikmati hidup dengan indah.

Berikut keutamaan bangun lebih pagi dalam Islam:
1. Membuka pintu rejeki
Ketika Rasulullah pulang dari salat Subuh di Masjid Nabawi, beliau mendapati putrinya bernama Fatimah masih dalam kondisi tidur. Maka beliau bersabda: “Wahai anakku, bangunlah. Saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari.” (Ahmad & Al-Baihaqi).

2. Didoakan malaikat
Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada salat fajar (subuh).” (Al-Bukhari dan Muslim).
Rasulullah bersabda, “Tiap menjelang pagi hari dua malaikat turun. Yang satu berdoa: ”Ya Allah, karuniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya tambahan peninggalan.” Malaikat yang satu lagi berdoa: ”Ya Allah, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya).” (Mutafaqun’alaih).

3. Tubuh menjadi lebih segar
Saat mulai bangun di pagi hari maka tubuh akan terasa lebih segar. Ini dikarenakan tubuh menghirup udara segar yaitu oksigen yang belum tercampur polusi udara, seperti asap dari kendaraan atau limbah pabrik. Apalagi bila ditambah dengan berolah raga di pagi hari, tubuh akan menjadi segar dan bugar.

4. Meningkatkan daya ingat
Bangun pagi bisa membuat otak lebih produktif, lho. Kalau fungsi otak sudah bagus sejak awal pasti mengawali hari-harinya pun enjoy. Maka dari itu, orang yang sering bangun pagi dan menghirup udara segar akan lebih kecil kemungkinan terkena gejala pikun dibandingkan dengan orang yang bangun siang hari.

5. Mendapat keberkahan dari Allah
Nabi shallallahu alaihi wa sallam mendoakan mereka yang bangun sebelum Subuh,
“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Nabi bersabda: “Keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta mereka.” (Ath Thabrani dalam Al Ausath).
Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa memberikan keberkahan dalam hidup kita. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin

Share on Google Plus

About muhammad sabran

0 comments:

Posting Komentar